11 dan 12 Februari, Presiden Lantik Kepala Daerah Hasil Pilkada 2015

Jakarta, PEMILU.com – Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih hasil pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang dilaksanakan serentak pada 9 Desember 2015 lalu, akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Istana Negara, Jakarta, 11-12 Februari mendatang.

“Pelantikan tersebut untuk kepala daerah yang tak bersengketa di Mahkamah Konstitusi (MK),” kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Selasa (2/2).

Sedangkan untuk pelantikan bupati/walikota, rencananya akan dilantik secara serentak pada tanggal 15 Februari mendatang. Semula, ada wacana pelantikan Bupati/wali kota juga dilakukan di Istana Negara.

Namun, menurut Tjahjo, wacana tersebut batal. Maka, pemerintah memilih untuk melantik para pupati/walikota hasil Pilkada serentak tahun lalu di Ibu kota provinsi masing-masing.

“Pelantikannya di ibu kota provinsi masing-masing,” kata Tjahjo.

Ditambahkan politikus PDI Perjuangan itu, untuk pelantikan kepala daerah yang sempat mengalami penundaan pemungutan suara, seperti di Provinsi Kalimantan Tengah yang baru melaksanakan Pilkada akhir Januari lalu, Mendagri belum memastikan jadwal pelantikannya. Demikian juga Mendagri belum bisa memastikan pelantikan kepala daerah terpilih bagi daerah-daerah yang melakukan gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK).

Sumber : http://www.pemilu.com/berita/2016/02/11-dan-12-februari-presiden-lantik-kepala-daerah-hasil-pilkada-2015/


Beri Komentar!


Pahami Undang-Undang ITE berikut!


Not readable? Change text.