Anda Butuh Informasi Pemilu Dan Pilkada ? Kunjungi PPID KPU Kota Cirebon

Anda membutuhkan informasi seputar lembaga Komisi Pemilihan Umum, Pemilu maupun Pilkada? Jangan ragu untuk mengajukan permohonan informasi kepada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) KPU Kota Cirebon. Simak mekanisme pengajuan permohonan informasi berikut ini:

 

a. Cara Pertama

- Pemohon dapat mendatangi langsung PPID KPU Kota Cirebon yang beralamat di Jl. Palang Merah No. 6 Cirebon.

- Siapkan fotocopy identitas diri yang masih berlaku (KTP/SIM/Passport) jika anda adalah pemohon secara individu atau Akta Pendirian Badan Hukum untuk pemohon dari badan hukum.

- Isi Formulir Permohonan Informasi (Model PPID-B) dengan baik dan benar sebanyak 2 (dua) rangkap. Desk Pelayanan Informasi siap memandu pemohon dalam mengisi formulir tersebut.

- Petugas Pelayanan Informasi akan mencatat permohonan informasi ke dalam Register Permohonan Informasi (Model PPID-C).

- Pastikan pemohon memperoleh Tanda Bukti Permohonan Informasi berupa nomor pendaftaran dari Desk Pelayanan Informasi.

- Tanggapan dari PPID KPU Kota Cirebon atas permohonan informasi akan disampaikan paling lambat 10 (sepuluh) hari kerja sejak diterimanya permohonan informasi dan dapat diperpanjang 7 (tujuh) hari kerja berikutnya dengan disertai alasan.

- Khusus untuk informasi tahapan pemilu, PPID KPU Kota Cirebon memberikan jawaban, dalam waktu 2 (dua) hari kerja dan dapat diperpanjang 2 (dua) hari kerja berikutnya.

- Apabila informasi yang diminta telah tersedia, Desk Pelayanan Informasi dapat secara langsung memberikan informasi dimaksud kepada pemohon.

- Pemohon informasi menandatangani Tanda Terima Pemberian Informasi sebagai bukti bahwa PPID KPU Kota Cirebon telah menyerahkan informasi yang dibutuhkan pemohon.

 

b. Cara Kedua

- Bagi pemohon yang tidak mendatangi langsung, dapat menghubungi nomor kontak PPID KPU Kota Cirebon (0231) 232089, 233050 Fax. (0231) 221323 e-mail: kota_cirebon@kpu.go.id atau mengirimkan surat resmi.

- Pemohon yang menghubungi melalui telepon wajib menyebutkan identitas diri, nomor kontak dan alamat secara benar kepada Desk Pelayanan Informasi.

- Pemohon akan dibantu oleh Desk Pelayanan Informasi dalam pengisian Formulir Permohonan Informasi (Model PPID-B).

- Petugas Pelayanan Informasi akan mencatat permohonan informasi ke dalam Register Permohonan Informasi (Model PPID-C).

- Tanda Bukti Permohonan Informasi berupa nomor pendaftaran dari Desk Pelayanan Informasi akan diberikan pada saat dilakukan pemberian informasi atau pada saat pemohon mengambil langsung informasi yang dibutuhkan.

- Tanggapan dari PPID akan disampaikan paling lambat 10 (sepuluh) hari kerja sejak diterimanya permohonan informasi dan dapat diperpanjang 7 (tujuh) hari kerja berikutnya dengan disertai alasan melalui telepon/facsimile/surat/surat elektronik (e-mail).

- Khusus untuk informasi tahapan pemilu, PPID memberikan jawaban, dalam waktu 2 (dua) hari kerja dan dapat diperpanjang 2 (dua) hari kerja berikutnya.

- Pemohon informasi menandatangani Tanda Terima Pemberian Informasi sebagai bukti bahwa PPID KPU Kota Cirebon telah menyerahkan informasi yang dibutuhkan pemohon.

 

c. Cara Ketiga

-  Pemohon dapat mengunjungi aplikasi e-PPID KPU Kota Cirebon dengan tautan http://ppid.kpu.go.id/?idkpu=3274 (Tautan ini juga tersedia di website resmi KPU Kota Cirebon www.kota-cirebon.kpu.go.id )

- Pemohon diwajibkan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu untuk dapat mengajukan permohonan informasi melalui menu Permohonan Informasi, sub-menu Registrasi Pemohon.

- Lengkapi setiap kolom dengan data yang benar dan lampirkan/unggah dokumen pendukung yang dipersyaratkan.

- Apabila data pemohon sudah lengkap, pemohon akan menerima email konfirmasi dari PPID, bahwa pemohon sudah terdaftar dan telah bisa mengajukan permohonan informasi.

- Tanggapan dari PPID akan disampaikan paling lambat 10 (sepuluh) hari kerja sejak diterimanya permohonan informasi dan dapat diperpanjang 7 (tujuh) hari kerja berikutnya.

- Khusus untuk informasi tahapan pemilu, PPID memberikan jawaban, dalam waktu 2 (dua) hari kerja dan dapat diperpanjang 2 (dua) hari kerja selanjutnya.

 

Catatan :

- Jadwal Pelayanan Informasi adalah setiap hari kerja : Senin s.d Jumat; Pukul : 09.00 – 15.00 WIB.

- Secara umum, terdapat 3 (tiga) kategori Informasi, yaitu:

  1. informasi yang wajib diumumkan berkala, adalah informasi yang dibuat secara periodik dan terus-menerus. Misal setiap 6 bulan sekali atau setiap satu tahun sekali.
  2. informasi yang wajib diumumkan serta merta, adalah informasi yang dibuat secara insidental untuk menjawab kebutuhan-kebutuhan tertentu, Kebutuhan tertentu tersebut, bisa jadi terkait hajat hidup orang banyak, ketertiban umum atau penggunaan hak-hak sosial dan politik warga.
  3. informasi yang wajib tersedia setiap saat, adalah informasi terkait dengan dokumen-dokumen pendukung yang ada pada informasi berkala dan serta-merta maupun dokumen lain yang tidak memiliki relevansi mendesak untuk diketahui publik.

- Pastikan apakah informasi yang diminta telah diumumkan pada situs KPU atau aplikasi e-PPID. Jika ya, maka publik dapat melihat atau mengunduhnya tanpa mengajukan permohonan. Jika pemohon memang ingin mendapatkan dalam bentuk cetak dari KPU, biaya copy dokumen tersebut akan ditanggung pemohon. Namun jika pemohon ingin mendapatkan informasi dalam bentuk rekam digital (soft copy) maka pemohon tidak dipungut biaya/gratis.

- Jika sebuah informasi tidak tersedia di e-PPID, maka ada lima kemungkinan. Pertama, informasi tersebut bersifat rahasia (informasi yang dikecualikan). Kedua, informasi tersebut bersifat terbuka tetapi tidak wajib diumumkan. Informasi jenis ini disebut informasi yang wajib tersedia setiap saat. Meskipun tidak wajib, namun KPU sendiri mengumumkan sebagian informasi tersebut. Ketiga, bisa jadi informasi tersebut masih dalam proses pendokumentasian. Keempat, dokumen tersebut tidak berada di bawah penguasaan atau kewenangan KPU. Kelima, bisa jadi informasi tersebut terlewatkan publikasinya secara tidak sengaja oleh KPU. Publik dapat mengajukan permohonan, KPU akan memberikan konfirmasi kepada pemohon terkait hal tersebut.

 

Ayo…kunjungi atau hubungi PPID KPU Kota Cirebon! Kami siap memberikan pelayanan, karena anda berhak untuk tahu…!


Beri Komentar!


Pahami Undang-Undang ITE berikut!


Not readable? Change text.