Anggota KPU RI Ini Tepis Sorotan DPR Yang Menilai Kinerja KPU Rendah

Jakarta, Beritaempat – Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara DPR, KPU, Bawaslu, dan DKPP pada hari Senin (1/2) kemarin juga menyorot kinerja KPU dalam menjalankan tugasnya sebagai penyelanggara Pemilu dinilai masih rendah. Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Sigit Pamungkas menepis sorotan DPR. Pasalnya, sebagai penyelenggara Pemilu bekerja bukan di ruang vakum. Namun, dipengaruhi oleh peserta Pemilu dan dipengaruhi oleh suara masayarakat yang disampaikan pada KPU.

Penilaian DPR tersebut, tambah Sigit, KPU akan memperbaiki setiap problem yang dihadapi oleh KPU.  “Dan yang sudah dilakukan oleh KPU kan untuk penyelenggara adhoc tidak boleh dua kali periode,” kata Sigit di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Selasa (2/2).

Hal tersebut, ia melanjutkan, merupakan bagian dari penyegaran atau peremajaan anggota KPU sekaligus menepis tuduhan adanya mafia penyelenggara Pemilu di Level Bawah yang buat curang. “Kita pangkas itu, dengan batasan hanya dua periode, setelah itu tidak boleh mencalonkan. Dari sisi internal sudah dilakukan,” jelasnya.

Selanjutnya, jelas Sigit, penyelenggara adhoc di Pilkada telah dilatih dan diberi bimbingan. Kendati demikian, masih banyak pihak yang mempengaruhi kinerja agar tidak teliti dalam menjalankan tugasnya. Semisal, salah satu pemilih membawa KTP untuk memilih.

“Bisa jadi dia sudah terdaftar di DPT, tapi dia masukkan di DPTB2, ini ketidaktelitian, seolah yang membawa KTP otomatis masuk DPTB2 padahal dia masuk DPT, ini kan kesalahan administratif,” jelasnya. (Imam M Top)

Sumber : http://www.beritaempat.com/anggota-kpu-ri-ini-tepis-sorotan-dpr-yang-menilai-kinerja-kpu-rendah/


Beri Komentar!


Pahami Undang-Undang ITE berikut!


Not readable? Change text.