Bawaslu Anugerahi KPU Sebagai Penyelenggara Pemilu Berintegritas

Jakarta (ANTARA News) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menganugerahi Bawaslu Award 2016 kepada jajaran pimpinan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara Pemilu berintegritas.

"Penghargaan ini didasarkan pada rasa syukur dan terima kasih kami atas penyelenggaran Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) serentak 2015 yang berjalan aman dan damai," kata Ketua Bawaslu Mohammad di Balai Sarbini, Jakarta, Senin malam.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Ketua Bawaslu Mohammad dan didampingi oleh Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Assidiqie di Balai Sarbini.

"Sebetulnya DKPP juga diniatkan untuk diberi award oleh panitia, tapi saya bilang nanti jeruk makan jeruk namanya, cukuplah KPU dan Bawaslu karena kita harus menilai integritas dua lembaga itu di seluruh Tanah Air," kata Ketua DKPP Jimly Assidiqie.

Dengan dipimpin Ketua KPU Husni Kamil Manik jajaran pimpinan KPU, yakni Ferry Kurnia Ristiansyah (anggota)

Arif Budiman (anggota), Sigit Pamungkas (anggota), Juri Aliantoro (anggota) Ida Budiati (anggota), Hadar Nafis Gumay (anggota), dan Sekretaris Jenderal KPU Arif Rahman Hakim maju menerima penghargaan tersebut.

Menurut Jimly, pelaksanaan pemilu dari 2011 masih banyak masalah, namun 2012 hingga 2015 persoalan itu semakin berkurang karena kesadaran untuk menyelenggarakan pemilu berintegritas meningkat.

"Dari perspektif DKPP kualitas penyelenggaraan pemilu membaik," kata Jimly. 

Selain KPU, Bawaslu juga menganugerahi Bawaslu Award 2016 kepada pemerintah provinsi, kabupaten, kota, dan kecamatan sebagai pihak yang memfasilitasi anggaran pengawasan pilkada terbaik.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, Pemerintah Kabupaten Belitung Timur (Bangka-Belitung), Kota Cilegon (Banten), Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga (Jawa Tengah) muncul sebagai pemenang kategori tersebut. 

Penghargaan juga diberikan untuk kategori pengawas lapangan terbaik yang jatuh pada Kelurahan Tanjung Unggan, Bestari, Kepulauan Riau, dan di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) terbaik yang jatuh pada TPS 14 Natuna, Kepulauan Riau.

Acara penganugerahan Bawaslu Award dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPR RI Ade Komarudin, Ketua DPD Irman Gusman, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandy.

Editor: Ruslan Burhani

Sumber: http://www.antaranews.com/berita/547786/bawaslu-anugerahi-kpu-sebagai-penyelenggara-pemilu-berintegritas


Beri Komentar!


Pahami Undang-Undang ITE berikut!


Not readable? Change text.