Bersama PPK, KPU Kota Cirebon Gelar Simulasi Penerimaan Dokumen Syarat Dukungan Bakal Calon Perseorangan Pilwalkot Cirebon Tahun 2018

 

CIREBON, kota-cirebon.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon menggelar Simulasi Penerimaan Dokumen Syarat Dukungan Bakal Calon Perseorangan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon Tahun 2018, bertempat di Kantor KPU Kota Cirebon Jalan Palang Merah No. 6 – Kota Cirebon, Jumat (24/11).

Sebelum simulasi dilakukan, Moh. Arief, S.Sos, selaku Divisi Teknis, menyampaikan simulasi penerimaan berkas syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan untuk mengukur kesiapan KPU Kota Cirebon dalam menerima dan memeriksa berkas dukungan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon. “Simulasi ini kita lakukan sebagai langkah kesiapan KPU Kota Cirebon untuk menerima dan memeriksa berkas syarat dukungan pasangan calon perseorangan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon Tahun 2018,” katanya.

Lanjut, Arief, KPU Kota Cirebon membuka pendaftaran jalur perseorangan pada 25 – 29 November 2017. “Mengenai batas waktu penyerahan dan ketentuannya, bakal calon perseorangan dapat menyerahkan berkas dukungan ke KPU Kota Cirebon mulai besok, sesuai jadwal akan kita buka pada 25 hingga 28 November 2017 dibuka pada pukul 08.00 WIB s.d. 16.00 WIB. Khusus tanggal 29 November 2017, KPU Kota Cirebon menerima berkas dukungan hingga pukul 24.00 WIB,” lanjutnya.

Syarat bakal calon perseorangan, kata Arief, yang menyerahkan berkas dukungan sebesar 10% dari DPT Pilpres 2014 yaitu paling sedikit 23.378 dukungan yang harus tersebar di lebih dari 50% jumlah Kecamatan di Kota Cirebon yaitu di lebih dari 3 Kecamatan. Ketentuan tersebut berdasarkan PKPU Nomor 3 Tahun 2017 bahwa wilayah Kabupaten/Kota dengan jumlah penduduk yang ada dalam DPT terakhir sejumlah 250.000 jiwa harus mendapat dukungan paling sedikit 10%.

“Dokumen dukungan yang diserahkan berupa surat pernyataan dukungan dengan menggunakan Formulir Model B.1-KWK Perseorangan atau Formulir Model B.1-KWK Perseorangan (Kolektif) yang disusun per Kelurahan dalam bentuk softcopy dan hardcopy dengan dilampiri fotokopi Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) atau Surat Keterangan yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Cirebon. Selain itu, rekapitulasi jumlah dukungan dengan menggunakan Formulir Model B.2-KWK Perseorangan untuk setiap Kelurahan dan Kecamatan yang ditandatangani bakal pasangan calon perseorangan dan bermaterai,” katanya.

Simulasi yang diperankan oleh Komisioner KPU Kota Cirebon, Sekretariat dan jajarannya serta PPK se-Kota Cirebon berjalan dengan lancar. Jalannya proses penyerahan dukungan calon perseorangan dipandu oleh Arief. Sebagai pasangan calon perseorangan dalam simulasi itu diperagakan Dita Hudayani, S.H. yang merupakan Anggota KPU Kota Cirebon dan Osef Yadi Vidiyanto selaku Fungsional Umum di Sekretariat KPU Kota Cirebon. Sedangkan berkas syarat dukungan bakal calon perseorangan diterima oleh Drs. Asep Gandana yang merupakan Sekretaris KPU Kota Cirebon. (Media Center)


Beri Komentar!


Pahami Undang-Undang ITE berikut!


Not readable? Change text.