Dalam Penggunaan Dana Hibah Daerah, KPU Kota Cirebon Mengikuti Aturan Hukum yang Berlaku

CIREBON, kota-cirebon.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Penggunaan dan Pertanggungjawaban Dana Hibah Pilkada Serentak Tahun 2018, bertempat di Hotel Tryas, Jalan Kartini, Kota Cirebon, Rabu (29/11/17).

Bimtek yang dilaksanakan selama 2 hari ini, dibuka oleh Emirzal Hamdani, SE., Ak selaku Ketua KPU Kota Cirebon, didampingi oleh anggota KPU Kota Cirebon, Dr. Sanusi, SH., MH serta Drs. Asep Gandana selaku Sekretaris KPU Kota Cirebon.

Dalam sambutannya, Emirzal menyampaikan salah satu bentuk komunikasi dan koordinasi yang baik dalam menyukseskan penyelenggaraan Pilwalkot Cirebon Tahun 2018 antara KPU Kota Cirebon dengan Pemerintah Kota Cirebon yaitu dalam bentuk Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Cirebon Tahun 2018. “Ini merupakan sinergi antara KPU Kota Cirebon dengan Pemerintah Kota Cirebon,” jelasnya.

Lanjut Emirzal, bentuk support oleh Pemerintah Daerah dapat juga dilakukan oleh jajaran pemerintah di tingkat bawah. “Support yang dilakukan Pemerintah Daerah kepada KPU Kota Cirebon dalam menyukseskan Penyelenggaraan Pilwalkot Cirebon 2018 mendatang dapat dilakukan oleh kecamatan yang memberikan dukungan kepada PPK serta di tingkat kelurahan yang mensupport kawan-kawan PPS,” tambahnya.

Sedangkan, Sekretaris KPU Kota Cirebon, Drs. Asep Gandana, sebagai Narasumber kegiatan Bimtek menyampaikan dana hibah yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan logistik, biaya tahapan pemilu, pemungutan suara, hingga berakhirnya Pilkada Serentak Tahun 2018. “Dana hibah digunakan sesuai dengan kebutuhan penyelenggaraan Pilkada tahun 2018 mulai dari tahapan sampai Pilkada berakhir,” imbuhnya.

Selain itu, Asep menambahkan KPU Kota Cirebon akan mempergunakan dana tersebut sesuai dengan aturan perundang-undangan. “Bimtek ini sebagai bimbingan teknis tentang pengelolaan keuangan yang sesuai aturan. Dana Hibah akan digunakan dengan sebaik-baiknya dan sesuai dengan aturan hukum yang berlaku. Salah satu pos dari penggunaan dana tersebut yaitu pembayaran honorarium PPK, PPS, dan KPPS,” tegasnya.

Peserta dalam kegiatan Bimtek tersebut diantaranya 5 Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) serta Sekretaris dan Staf Umum TU, Keuangan, dan Logistik pada Sekretariat PPK se-Kota Cirebon.

Sebelumnya, NPHD Pilwalkot Cirebon Tahun 2018 telah ditandatangani antara Ketua KPU Kota Cirebon dengan Wali Kota Cirebon dengan dana hibah sebesar 19,457 Milyar, di Balai Kota Cirebon, (7/4/17). Penandatanganan NPHD tersebut dimaksudkan untuk anggaran KPU Kota Cirebon dalam penyelenggaraan Pilwalkot Tahun 2018. (Media Center)


Beri Komentar!


Pahami Undang-Undang ITE berikut!


Not readable? Change text.