Gerakan Sejuta Mencoklit, KPU Kota Cirebon Gelar Bimbingan Teknis Pemutakhiran Data Pemilih Pilgub Jabar dan Pilwalkot Cirebon Tahun 2018

CIREBON, kota-cirebon.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon Tahun 2018, bertempat di Aula KPU Kota Cirebon, Jalan Palang Merah No 6 – Cirebon, Sabtu (16/12/17).

Kegiatan Bimtek yang dibuka oleh Dr. Sanusi., SH, MH yang mewakili Ketua KPU Kota Cirebon didampingi oleh M. Iwan Setiawan, SH serta Sekretaris KPU Kota Cirebon yakni Drs. Asep Gandana. Sementara itu, peserta Bimtek yakni ketua dan anggota PPK se-Kota Cirebon sejumlah 25 orang.

Narasumber pada Bimtek tersebut yaitu M. Iwan Setiawan, SH. Iwan menyampaikan tahapan penyusunan Daftar Pemilih Tetap (DPT) merupakan salah satu tahapan yang sangat krusial dan strategis bagi terselenggaranya Pemilihan Kepala Daerah. “Pemutakhiran data pemilih menentukan bagi tahapan Pemilu selanjutnya. Jika hasil penyusunan daftar pemilih bermasalah atau tidak valid, dapat dipastikan tahapan Pemilu selanjutnya akan terganggu,” katanya.

Lanjut Iwan, sebagai ujung tombak dari KPU dalam melakukan pemutakhiran data yakni Petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih (PPDP). “PPDP dalam melakukan proses pemutakhiran dan pendaftaran pemilih mengemban tugas yang sangat penting untuk melayani hak konstitusional warga negara dalam menggunakan hak pilihnya,” lanjutnya.

Iwan mengingatkan kepada PPK dan PPS agar merekrut PPDP yang mau bekerja dan melaksanakan pekerjaan dengan bersungguh-sungguh. “Pekerjaan ini sangat penting dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab karena PPDP harus teliti dan tepat dalam mencocokkan data serta bekerja sama dengan pihak-pihak terkait seperti RT/RW termasuk PPS. Oleh karena itu, kita akan merekrut PPDP yang memiliki kreatifitas dan kemampuan dalam pekerjaan penting ini,” lanjutnya.

Diakhir acara Bimtek, Ketua KPU Kota Cirebon, Emirzal Hamdani, SE., Ak menyampaikan arahan kepada peserta PPK untuk terus berkoordinasi dengan PPS dalam mencari PPDP yang mau bekerja sesuai aturan dan peraturan. “Ini semua untuk menghasilkan DPT yang valid,” tegasnya. (Media Center).


Beri Komentar!


Pahami Undang-Undang ITE berikut!


Not readable? Change text.