Hari Pertama, Nihil Pendaftaran Bapaslon Pilwalkot Cirebon Tahun 2018

CIREBON, kota-cirebon.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon membuka penerimaan dokumen syarat calon dan syarat pencalonan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon Tahun 2018, bertempat di Aula KPU Kota Cirebon, Jalan Palang Merah No. 6 – Kota Cirebon, Senin (8/1/18).

Sesuai jadwal, pada hari ini merupakan hari pertama penyerahan dokumen syarat calon dan syarat pencalonan yang telah ditetapkan oleh KPU RI yang dibuka pada pukul 08.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB pada tanggal 8 – 9 Januari 2018. Sementara tanggal 10 Januari 2018 menjadi hari terakhir penyerahan dokumen yang akan diterima KPU Kota Cirebon hingga pukul 24.00 WIB.

Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2017 Pasal 5 menjelaskan Parpol atau Gabungan Parpol yang berhak mengajukan Pasangan Calon memperoleh paling sedikit 20% dari jumlah kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dengan perhitungan total jumlah kursi di DPRD (35 kursi) dikali 20% menghasilkan 7 kursi. Apabila perhitungan berdasarkan jumlah suara, Parpol dan Gabungan Parpol yang dapat mengajukan Pasangan Calon memperoleh paling sedikit 25% dari akumulasi perolehan suara sah dalam Pemilu DPRD Tahun 2014 yaitu sebesar 40.527 suara. Sebagai catatan penting Parpol yang tidak memiliki kursi di DPRD tidak berhak mengajukan Pasangan Calon.

Sebelumnya, 7 Januari 2018, KPU Kota Cirebon bersama Kepolisian Kota Cirebon, Panitia Pengawas Kota Cirebon, Parpol, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Cirebon telah melaksanakan kegiatan Simulasi Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon Tahun 2018.

Sampai dengan pukul 16.00 WIB, tidak terdapat Bakal Pasangan Calon yang mendaftar ke KPU Kota Cirebon. (Media Center)


Beri Komentar!


Pahami Undang-Undang ITE berikut!


Not readable? Change text.