Hingga Kini, KPU Belum Beri Masukan Terkait Revisi UU Pilkada Kepada DPR

Jakarta, beritaempat – Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hadar Nafis Gumay mengatakan, bahwa KPU belum memberikan usulan dan masukan terkait dengan revisi Undang-Undang Pilkada kepada DPR. Ia menjelaskan, usulan dari KPU terkait revisi undang-undang Pilkada masih akan dibahas dalam Focus Group Discusion (FGD) KPU dengan narasumber dari Akademisi dan Non Government Organization (NGO).

“Jadi belum kami serahkan (masukan kepada DPR),” kata Hadar di Gedung KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (9/2).

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Sigit Pamungkas mengatakan, bahwa revisi undang-undang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sudah dibahas secara detail dalam Rapat Pimpinan (Rapim) KPU RI, di Banjarmasin, Rabu (3/2). Sehingga menghasilkan 7 isu strategis berdasarkan persoalan yang terjadi di Pilkada 2015.

“Isu terkait pencalonan, dana kampanye, pemungutan dan rekapitulasi suara, rekruitmen, penegakkan disiplin penyelenggaraan pemilu, partisipasi pemilih dan penanganan sengketa,” terang Sigit usai sidang PHP Teluk Bentuni, di Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Kamis (4/2).

Sigit menekankan, ketujuh isu tersebut sangat penting, sehingga berbagai item tersebut dikaji lagi agar peraturan yang baru dapat meminimalisir persoalan Pemilu dan Pilkada di masa depan.

“Sehingga pemilu kedepan itu persoalan yang muncul itu lebih sedikit dibandingkan yang saat ini ada. Kalau tidak diubah tentu akan banyak pengulangan kembali beberapa kerumitan-kerumitan yang muncul pada pilkada kali ini ke pilkada berikutnya,” ujarnya. (Imam M Top)

Sumber : http://www.beritaempat.com/hingga-kini-kpu-belum-beri-masukan-terkait-revisi-uu-pilkada-kepada-dpr/


Beri Komentar!


Pahami Undang-Undang ITE berikut!


Not readable? Change text.