Ibon Jadi Maskot Pilwalkot 2013

LEMAHWUNGKUK – Meskipun belum diluncurkan, tapi  KPU sudah menetapkan Ibon sebagai maskot Pilwalkot  2013. Logo bergambar udang, terlihat sedang memegang paku dan surat suara, yang dimasukkan ke dalam kotak suara.

Anggota KPU Kota Cirebon, Drs Hartojo  kepada Radar di ruang kerjanya, Jumat (24/8) mengakui, maskot KPU untuk Pilwalkot 2013 sudah ada.

Nama Ibon, kata pria yang akrab disapa Ojo ini, sebenarnya adalah singkatan dari Independen Bebas Obyektif dan Netral. Ibon berkarakter Udang, juga sebagai salah satu ciri khas Kota Cirebon. “Maskot Pilwalkot  2013 mendatang rencananya akan dilaunching 28 Agustus, di halaman balaikota sekaligus  pelantikan anggota PPS,” jelasnya.

Ojo menjelaskan beberapa makna yang terkandung  dimaskot Ibon. Sirip Ibon sebanyak 9 buah melambangkan Kota Cirebon sebagai kota wali yang terkenal dengan wali songo. Kemudian segmen tubuh ibon sebanyak 5,  melambangkan 5 sila Pancasila. Tangan kanan Ibon memasukkan surat suara melambangkan  pemilih dengan memasukkan surat suara. Sedangkan  tangan kiri memegang paku, melambangkan pemilih yang siap mencoblos.

Ukuran mata Ibon yang besar, sambungnya,  melambangkan KPU Kota Cirebon  melihat jauh ke depan. Senyuman Ibon melambangkan KPU memberi pelayanan  kepada pemilih dan peserta Pemilu dengan senyuman. Kumis sama panjang melambangkan KPU adil tidak memihak, dan bijaksana dalam mengambil keputusan. Dan 3 ekor ibon melambangkan entitas kepemiluan  penyelenggara, pemilih  dan peserta. (abd) sumber: radarcirebon.com


Beri Komentar!


Pahami Undang-Undang ITE berikut!


Not readable? Change text.