Jadi Kampung Demokrasi, Warga Selayar Diajak Cerdas Memilih

Kepulauan Selayar, kpu.go.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI resmi mencanangkan Dusun Gantarang Lalang Bata Desa Bontomarannu Kecamatan Bontomanai Kabupaten Kep Selayar sebagai Kampung Demokrasi, Kamis (27/2/2020). 

Penunjukkan sebagai Kampung Demokrasi didasarkan pada aspek ideologis, sosiologis dan demografis. Dari aspek sosiologis, ada kekuatan sosial, yaitu kebersamaan antar umat beragama yang terjaga, suatu kekuatan kohesi sosial yang terus terawat di wilayah tersebut. Sementara aspek demografis dan ideologi dimana ada keyakinan dan nilai-nilai dimasyarakat yang kuat untuk menolak bentuk-bentuk penyimpangan seperti politik uang dan sebagainya.

Anggota KPU RI Ilham Saputra yang hadir langsung pada pencanangan Kampung Demokrasi ini berharap warga semakin cerdas dalam berdemokrasi dan berpolitik pasca hadirnya Kampung Demokrasi. “Masyarakat Kepulauan Selayar diharapkan untuk aktif melihat track record calon-calon dalam Pemilihan 2020 nanti. Track record calon diperhatikan betul, agar mendapat pemimpin yang bisa mensejahterakan rakyat,” harap Ilham.

Ilham juga merasakan betul bagaimana Dusun Gantarang Lalang Bata Desa Bontomarannu memiliki keistimewaan tersendiri dibanding daerah lain terutama sikap masyarakatnya yang terbiasa dengan perbedaan. "Kebersamaan di dusun Gantarang ini membuktikan bahwa perbedaan politik adalah biasa, namun tidak dapat memecah belah masyarakat khususnya masyarakat di Kepulauan Selayar," tambah Ilham.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kab Kep Selayar Marjani Sultan menyatakan siap mendukung kerjasama kegiatan sosialisasi dengan KPU Kab Selayar di Dusun Gantarang, sebab selain sebagai Kampung Demokrasi, Dusun Gantarang telah dijadikan sebagai daerah pariwisata nasional. (hupmas kpu ri irul/foto doddy amin/ed diR)

Sumber: https://www.kpu.go.id/index.php/post/read/pbIfqt26UL4xEOzi8m-_ApQx4mDn9PMFD629gzvumTD36DXPXXl_XMpl7WHHv5aXWUikCVDClxOMa5omFGm3_Q~~/NczpI7-kM4AqClMnEe9KbrFPcEPuorLqqs8knRQvgUf3fvy4hBz77qkajhmnGLTcej2USe8qIwXSY5ob1SywiQ~~


Beri Komentar!


Pahami Undang-Undang ITE berikut!


Not readable? Change text.