Jelang Pendaftaran Bakal Calon, KPU Kota Cirebon Sosialisasikan Mekanisme Pendaftaran Bapaslon Pilwalkot Cirebon Tahun 2018

CIREBON, kota-cirebon.kpu.go.id – Menjelang 179 hari menuju Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Cirebon Tahun 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon mengadakan Sosialisasi Mekanisme Pendaftaran Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon Tahun 2018, bertempat di Aula KPU Kota Cirebon, Sabtu (30/12/17).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Ketua KPU Kota Cirebon, Emirzal Hamdani, SE., Ak, didampingi oleh Anggota KPU Kota Cirebon yaitu Moh. Arief, S.Sos, dan M. Iwan Setiawan, SH serta Drs. Asep Gandana selaku Sekretaris KPU Kota Cirebon. Turut hadir pada acara tersebut 12 Partai Politik (Parpol) dan Perwakilan Panitia Pengawas Pemilu (Panwas).

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kota Cirebon, Emirzal Hamdani, mengatakan kegiatan KPU yang dilakukan pada hari ini merupakan pertemuan untuk menjaga kehangatan jelang Pilwalkot Cirebon Tahun 2018. “KPU dan Parpol akan sering bertemu menjelang pesta demokrasi Pilwalkot Cirebon tahun 2018. Pertemuan kali ini menjaga kehangatan dan silaturahmi menuju 179 hari pesta demokrasi,” katanya.

Lanjut Emirzal, KPU Provinsi Jawa Barat memiliki tagline yakni Menjadikan Pilkada Serentak di Jawa Barat Tahun 2018 sebagai sarana Edukasi Demokrasi dan Wahana Wisata Politik untuk Masyarakat Jawa Barat, Rakyat Indonesia dan Warga Dunia. “Jadi selain KPU Melayani, KPU berusaha untuk menjadikan Pilkada Serentak sebagai edukasi demokrasi dan wisata politik khususnya bagi masyarakat di Jawa Barat agar terciptanya rasa aman dan kenyamanan,” jelasnya.

Materi sosialisasi disampaikan oleh Divisi Teknis KPU Kota Cirebon, Moh. Arief, S.Sos. Arief menyampaikan Tahapan Pencalonan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon Tahun 2018. “KPU Kota Cirebon akan mengumumkan pendaftaran pasangan calon tanggal 1-7 Januari Tahun 2018. Selanjutnya pada tanggal 8–10 Januari 2018 merupakan pendaftaran pasangan calon. Secara detail, Arief menjelaskan tentang mekanisme pendaftaran, dimana Bapaslon dan Parpol atau Gabungan Parpol Pengusul, wajib menyerahkan dokumen Syarat Pencalonan dan Syarat Calon pada saat melakukan pendaftaran. Untuk itu, diharapkan agara segera mempersiapkan dokumen-dokumen yang dipersyaratkan sedini mungkin agar pendaftaran berjalan sesuai yang diharapkan.

Pada kesempatan itu pula KPU Kota Cirebon menyerahkan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Kota Cirebon sebagai pedoman Bapaslon dalam menyusun Naskah Visi, Misi dan Program mereka, serta Standar Kemampuan Jasmani dan Rohani sehingga Parpol menyiapkan Calon yang memenuhi standar kesehatan jasamani dan rohani. Selain itu, formulir-formulir syarat pencalonan dan syarat calon pun disampaikan kepada Parpol untuk mempermudah mereka dalam pemenuhan persyaratan pendaftaran.

Calon yang berstatus khusus, kata Arief, dapat menyampaikan keputusan pejabat yang berwenang tentang pemberhentian paling lambat 30 hari sebelum hari pemungutan suara. “Misal calon berstatus sebagai anggota DPR, DPD, atau DPRD, Anggota TNI/Polri, PNS, serta sebagai pegawai BUMN/BUMD dan Kepala Daerah. Jika ada calon yang tidak menyampaikan keputusan pejabat berwenang tentang pemberhentian status tersebut, dan tidak dapat membuktikan bahwa pengunduran diri sedang dalam proses, akan dinyatakan tidak memenuhi syarat,” tegasnya.

Selanjutnya, Dokumen syarat pencalonan dan syarat calon yang diserahkan pada saat pendaftaran untuk dibuat dalam 2 rangkap. “2 rangkap yang meliputi 1 rangkap asli dan 1 rangkap salinan dan dimasukkan ke dalam map dan ditulis dengan huruf kapital nama Bapaslon dan Parpol atau Gabungan Parpol,” katanya.

Demi kelancaran dan ketertiban pada tahapan pencalonan ini, diperlukan koordinasi dan komunikasi yang baik antara KPU dengan Bapaslon atau tim Bapaslon (LO). “Baik sebelum masa pendaftaran maupun masa perbaikan syarat calon, sehingga proses pencalonan berjalan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” ujarnya.

Secara simbolis, KPU memberikan dokumen yang diperlukan untuk syarat calon dan syarat pencalonan Pilwalkot Cirebon Tahun 2018 kepada seluruh Parpol. (Media Center)


Beri Komentar!


Pahami Undang-Undang ITE berikut!


Not readable? Change text.