Kemendagri Selenggarakan Rapat Anggaran Pilkada

JAKARTA, kemendagri.go.id – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyelenggarakan Rapat Evaluasi Kesiapan Pemerintah Daerah (Pemda) dalam Rangka Penyediaan Anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak di Hotel Aryaduta, Jakarta, Selasa (5/3).

Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri, Soni Sumarsono mewakili Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, KPU dan Bawaslu sudah meminta agar NPHD (Naskah Perjanjian Hibah Daerah) bisa segera ditandatangani pada April ini.

“Untuk menjamin efektifitas pilkada serentak, hal yang harus dipastikan adalah ketersediaan dana pilkada. Makanya, perlu antisipasi, NPHD pemda bisa dilaksanakan pada April ini,” kata Sumarsono.

Ia memaparkan sejumlah masalah terkait pendanaan Pilkada serentak yakni, perbedaan mencolok antara satu daerah dengan daerah lainnya, padahal kedua daerah tersebut berdekatan. Belum lagi kalau kepala daerah incumbent, alokasi untuk KPU dan Bawaslu lebih besar.

Lalu soal keterlamabatan pencairan dana hibah kepada penyelenggara. Dinamika di lapangan ini, menurut Soni perlu dimonitor. Makanya, dalam rangka tertib administrasi ini, perlu penguatan aparatur pengelola keuangan, bak sekretariat pemda, KPU serta Bawaslu.

“Perlu juga penguatan fasilitas kerja. Lalu kalau Panwaslu kabupaten/kota tidak ada, langsung backup saja dari provinsi,” ujar dia.

Soni juga menyebutkan anggaran pilkada serentak pada tahun depan sebesar Rp 2,9 triliun. Menurut dia, memang lebih minim ketimbang tahun lalu yang mencapai Rp 7 triliun lebih. Sebab jumlah daerah yang melangsungkan pemilihan hanya 101 daerah.

Kemudian, ia menyampaikan, seluruh daerah saat ini sudah menyiapkan anggaran pilkada. Hanya saja masalahnya, apakah dana tersebut memadai atau tidak. Makanya butuh standar pembiayaan dari KPU dan Bawaslu terkait kebutuhan pilkada 2017 mendatang.

“Semoga dalam forum ini bisa ketemu angkanya. Berapa besaran biaya, dan standari anggarannya. Mumpung ini juga ada perwakilan dari KPU,” ujar dia.

Dalam kegiatan ini, selain Dirjen Otda Kemendagri, hadir juga Dirjen Keuangan Daerah Reydonizar Moenek, Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Zudan Arif Fakhrulloh, Ketua KPU Husni Kamil Malik, dan Ketua Komisi II DPR Rambe Kamarul Zaman.

Sumber: http://www.kemendagri.go.id/news/2016/04/05/kemendagri-selenggarakan-rapat-anggaran-pilkada


Beri Komentar!


Pahami Undang-Undang ITE berikut!


Not readable? Change text.