Konsolidasi Nasional KPU Seluruh Indonesia

Jakarta - Bertempat di Jakarta Covention Center Planery Hall Selasa (4/2/2014) KPU menggelar pembukaan Konsolidasi Nasional (Konsolnas) menyongsong Pemilihan Umum 2014, yang diikuti oleh 3.300 peserta, terdiri dari anggota KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota dan para Sekretaris KPU provinsi/kabupaten/kota dengan tema "Integritas dan Soliditas KPU Mewujudkan Pemilu berkualitas".

 

KPU Kota Cirebon pun tidak ketinggalan mengirim 5 Anggota Komisioner dan 1 Sekretarisnya dalam Konsolidasi Nasional tersebut.

 

Acara pembukaan diawali dengan sambutan Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPU RI Arif Rahman Hakim yang membacakan laporan perihal maksud dan tujuannya diadakannya Konsolnas, yang berlangsung hari Selasa, (4/2/2014) s/d Kamis, (6/2/2014).

 

Setelah pembukaan Konsolnas ini, Rabu, (5/2/2014) akan berlanjut dengan pertemuan-pertemuan yang terbagi dalam divisi-divisi. Pertama, Komisioner KPU/KIP Divisi Hukum, Teknis dan Hupmas di tingkat Pusat, Provinsi, dan Kabupaten/Kota akan menggelar pertemuan di Hotel Kartika Candra Jakarta. Kedua, Komisioner KPU/KIP Divisi Keuangan, Umum dan Logistik di tingkat Pusat, Provinsi, dan Kabupaten/Kota akan menggelar pertemuan di Hotel Mercure Ancol Jakarta. Ketiga, Komisioner KPU/KIP Divisi Perencanaan, Data dan SDM di tingkat Pusat, Provinsi, dan Kabupaten/Kota akan menggelar pertemuan di Hotel Arya Duta. Keempat, Sekretaris Jenderal KPU, Sekretaris KPU/KIP di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota akan menggelar pertemuan di Hotel Novotel.

 

Ketua KPU Husni Kamil Manik mengatakan langkah-langkah yang dilakukan oleh KPU sebagai penyelenggara Pemilu adalah untuk mewujudkan demokratisasi bagi dunia pada umumnya dan Indonesia khususnya. "Demi mewujudkan pemilu yang jujur dan adil serta menjaga suara pemilih, menjadikan Indonesia sebagai rujukan dunia terkait dengan proses demokrasi yang bermartabat," ucap Husni saat memberikan sambutan.

 

Kepada anggota KPU seluruh Indonesia yang hadir, Husni meminta penyelenggara pemilu agar tidak berpihak kepada kepentingan kelompok manapun, jangan sampai kita menggadaikan amanat rakyat dengan kepentingan pribadi dan sesaat.

 

Pada kesempatan pembukaan Konsolnas, juga dilakukan pembacaan ikrar bersama para penyelenggara pemilu, oleh Komisioner KPU RI dan para Ketua KPU Provinsi seluruh Indonesia. Untuk menyemangati dan sebagai tanda terjalinnya Konsolnas Penyelenggara Pemilu, pada pembukaan ini ditandai dengan pemukulan “kendang” oleh Ketua dan Anggota KPU RI, serta Sekretaris Jenderal KPU secara bersama.

 

KPU juga dihadiri oleh Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin, Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan, Ketua Komisi II DPR RI Arif Wibowo, Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Asshiddiqie, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Muhammad dan sejumlah perwakilan partai politik peserta Pemilu 2014.

(Sumber kpu.go.id)


Beri Komentar!


Pahami Undang-Undang ITE berikut!


Not readable? Change text.