KPU Bahas Tanggal Pemungutan Pilkada 2017

Jakarta, PEMILU.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) bahas tanggal pemungutan suara untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di 101 daerah yang akan digelar 2017 mendatang. Pembahasan dilakukan dalam rapat pimpinan nasional (rapimnas) KPU, Selasa (2/2) hingga Kamis (4/2).

“Tentunya waktu yang kita akan tetapkan ini akan kita teliti, agar tidak bersinggungan atau bersamaan dengan perayaan hari keagamaan atau kebangsaan kita, bahkan hari kebudayaan,” kata Ketua KPU Husni Kamil Manik, di Jakarta.

Menurut Husni, pemungutan suara akan dilakukan pada bulan Februari 2017. Namun untuk tanggal, KPU masih memilih antara tanggal 8 dan 15. Namun, untuk tahapan Pilkada akan dimulai pada 2016.

“Masih kita pilih alternatif waktunya antara tanggal 8 atau tanggal 15 Februari pelaksanaan pilkada serentak secara nasional pada 2017 nanti,” jelasnya.

KPU, lanjut Husni, akan mengumpulkan informasi dari KPU daerah demi kelancaran hari pencoblosan yang menjadi hari libur nasional bagi daerah terlaksana Pilkada. “Jadi semua tahapan akan kita rumuskan di sini (rapimnas), semoga berjalan lancar dan menuai keputusan yang baik demi kelancaran Pilkada 2017 nanti, sebagaimana pilkada serentak 2015,” katanya.

Dalam rapimnas ini, imbuh Husni, tidak hanya membahas soal pilkada 2017, namun juga tahapan pemilihan legislatif pada 2019 dan pemilihan presiden (pilpres) pada 2020. “Semua akan kita bahas di rapimnas ini, termasuk evaluasi pelaksanaan pilkada serentak 2015 tadi, yang mana positifnya kita ambil, dan yang negatifnya kita bahas untuk diperbaiki,” katanya.

Sumber : http://www.pemilu.com/berita/2016/02/kpu-bahas-tanggal-pemungutan-suara-pilkada-2017/


Beri Komentar!


Pahami Undang-Undang ITE berikut!


Not readable? Change text.