KPU-Bawaslu Rapat Persiapkan E-Rekap

Jakarta,kpu.go.id - Guna meningkatkan transparansi serta akuntabilitas pelakasanaan pemilihan maupun pemilihan umum, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), melakukan Rapat Persiapan Penerapan Rekapitulasi Elektronik (e-rekap) di Ruang Rapat Gedung KPU, Jakarta, Rabu (5/2/2020). Penerapan e-rekap diharapkan mengurangi kesalahan dan mempersingkat waktu rekapitulasi. 

Ketua KPU Arief Budiman menjelaskan bahwa proses rekapitulasi yang selama ini dilakukan manual dan berjenjang menimbulkan permasalahannya salah satunya adalah kemampuan petugas dalam memahami cara pengisian formulir yang beragam, sehingga pengisian data dalam formulir tidak sesuai dengan ketentuan. Selain itu dari evaluasi Pemilu 2019, banyaknya petugas KPPS mengalami kelelahan karena banyaknya salinan formulir yang harus di isi. "Kelelahan petugas yang kemarin harus buat salinan ratusan lembar, nah salinan digital itu pekerjaan yang seiring e-rekap, jadi hasil itu bisa kita kirim juga untuk penyediaan digital," ujar Arief. 

Di kesempatan yang sama Anggota KPU RI, Evi Novida Ginting berharap dengan diterapkannya e-rekap, hasil yang didapatkan bisa meningkatkan kepercayaan publik dan mengurangi kesalahan berjenjang. “Kami ajak Bawaslu untuk dapat bahu membahu mempersiapkan e-rekap ini, kita perlihatkan kepada publik kemurnian hasil penghitungan suara,” ungkap Evi. (hupmas kpu ri ajeng/foto: dosen/ed diR)

Sumber: https://www.kpu.go.id/index.php/post/read/odDUQ2VKUKL1R-j3cIlsXv6A08fITIC836qyqr1fAJMwatBPSoWWZEG6yjXi3b_dBQg_r790gZXRt2m_m_PN-A~~/zPGDx4xsGy3l7bxJwU20ch7mSm93MXOSJVXlvO5ySjkvctZEaOEoqcgZ_qBRYflQ3TXtilyzDqD7vwaWbBZfTg~~


Beri Komentar!


Pahami Undang-Undang ITE berikut!


Not readable? Change text.