KPU Khawatir Partisipasi Pemilih Rendah di Pilkada Susulan

Jakarta, PEMILU.com – Tiga daerah akan menggelar pemilihan kepala daerah dalam waktu dekat. Ketiga daerah tersebut adalah Kota Manado, Kabupaten Simalungun dan Kota Pematangsiantar.

Namun Komisi Pemilihan Umum (KPU) khawatir partisipasi pemilih rendah. Hal ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, berkaca pada Pilkada di Kalimantan Tengah dan Kabupaten Fakfak, jumlah partisipasi pemilihnya jauh dari target KPU 77,5 persen.

“Itu yang harus dilakukan di Manado atau Simalungun yang sedang dipersiapkan,” ujar Komisioner KPU, Ferry Kurnia Rizkiyansyah, di Jakarta, Sabtu (29/1).

Karena itu, Ferry meminta Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) mengajak masyarakat agar ikut memilih dalam pilkada ketika membagikan formulir C6 atau surat pemberitahuan kepada para pemilih. “Jadi supaya C6 tidak hanya dibagikan saja, juga menginfokan ke rumah tangga untuk datang ke hari H,” kata dia.

Ferry menekankan, perlu sosialisasi massif kepada masyarakat untuk mengajak masyarakat turut serta dalam Pilkada. Terlebih, untuk Pilkada susulan yang sempat tertunda pelaksanaannya.

“Disamping juga pemerintah daerah tentunya melakukan aktivitas sosialisasi secara gencar, misalnya betul-betul diinfokan secara lebih luas hari libur nasional (saat pemungutan suara) di daerah itu,” tukasnya.


Beri Komentar!


Pahami Undang-Undang ITE berikut!


Not readable? Change text.