KPU Kota Cirebon Gelar Acara Bimtek Relasi di Hotel Santika

Cirebon – Selama dua hari dari tanggal 25 – 26 Januari 2014, KPU Kota Cirebon menggelar Acara Bimbingan Teknisi (Bimtek) untuk Relawan Demokrasi (Relasi) yang terdiri dari segmen Keagamaan, segmen Pemilih Perempuan, segmen Pemilih Pemula, segmen Penyandang Disabilitas dan segmen Kaum Marginal. Bimtek selama dua hari tersebut diikuti oleh 25 orang peserta dan bertempat di Hotel Santika Kota Cirebon.

 

Dalam sambutanya kepada peserta Bimtek Relasi ini, Emirzal Hamdani, SE. Ak selaku Ketua KPU Kota Cirebon memperkenalkan Anggota KPU Kota Cirebon  Periode 2013-2018 antara lain dari Moh. Arief, S.Sos selaku Divisi Teknis Penyelenggaraan, Kerjasama Antar Lembaga dan Hubungan Partisipasi Masyarakat, M. Iwan Setiawan, SH selaku Divisi Perencanaan, Keuangan, Logistik dan Data Informasi, Sanusi, SH. MH,. Selaku Divisi Hukum dan Pengawasan, dan terakhir Dita Hudyani, SH. Selaku Divisi Umum, Rumah Tangga, SDM dan Sosialisasi.

 

Dilanjutkan penyampaikan Pak Emirzal menyangkut dasar hukum kepemiluan berdasarkan Undang-Undang No. 8 tahun 2012 pasal 154 menyatakan bahwa "Pemberian suara untuk Pemilu anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota dilakukan dengan cara mencoblos satu kali boleh pada nomor parpol, boleh pada logo parpol, boleh pada nama calon atau boleh pada nomor urut calon."

 

Adapun penetapan jumlah kursi berdasarkan Undang-Undang No. 8 Tahun 2012 tentang Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah pada Pasal 26 Ayat (2) huruf d bahwa kabupaten/kota dengan jumlah penduduk lebih dari 300.000 (tiga ratus ribu) sampai dengan 400.000 (empat ratus ribu) orang memperoleh alokasi 35 (tiga puluh lima) kursi.

 

Beliau juga menjelaskan berdasarkan Undang-undang No. 08 Tahun 2012 Pasal 40 ayat 5 tentang warga negara memenuhi syarat sebagai Pemilih dan tidak memiliki identitas kependudukan dan/atau tidak terdaftar dalam daftar pemilih sementara, daftar pemilih sementara hasil perbaikan, daftar pemilih tetap, atau daftar pemilih tambahan, KPU Provinsi melakukan pendaftaran dan memasukkannya ke dalam daftar pemilih khusus.

 

Selanjutnya "Mengingat pesta demokrasi Pileg dan Pilpres ini diadakan 5 tahun sekali maka memerlukan dana mencapai 14,4 Triliun Rupiah untuk alokasi anggaran Pemilu 2014 yakni untuk pemilihan anggota DPR, DPD, dan DPRD sedangkan tingkat partisipasi masyarakat Kota Cirebon terhadap beberapa pemilu/pemilukada terakhir cenderung mengalami penurunan, dikatakan beliau bahwa ini merupakan Pekerjaan Rumah bagi kita semua. Oleh karena itu diharapkan semua pihak turut mensukseskan Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD tahun 2014."

 

Dalam Bimtek untuk Relawan Demokrasi, Sanusi, SH, MH., selaku Divisi Hukum dan Pengawasan menyampaikan pengetahuan tentang kebangsaan dan Perjalanan Demokrasi Indonesia hingga sampai saat ini. Beliau mengimbau kepada Relawan Demokrasi untuk ikut mengawal pemilu 2014 nanti.

 

Dalam paparanya Pak Sanusi, SH, MH., juga menjelaskan Asas Pokok Demokrasi yaitu Jujur Adil Langsung Umum Bebas Rahasia (JURDIL LUBER) dan sejarah pemilu dimasa Orde baru sampai masa reformasi hingga pemilu 2009. Pak Sanusi mengimbau kepada warga yang akan memilih untuk memperhatikan calon pemimpin pilihannya dan bukan asal pilih.

 

Hari pertama tanggal 25 Januari 2014 Bimtek Relasi berakhir sekitar pukul 16:00 dan dilanjutkan pada hari kedua Bimbingan Teknisi Untuk Relawan Demokrasi dilaksanakan hari Minggu, 26 Januari 2014 kepada peserta yang hadir tentang pemutahiran data terakhir DPT Kota Cirebon per-Januari 2014 yang tercatat sebanyak 233.270 pemilih yang di sampaikan oleh M. Iwan Setiawan, SH di Divisi yang membidangi Perencanaan, Keuangan, Logistik dan Data Informasi. Adapun yang menjadi inti penyampaiannya yaitu mengajak dan memberikan pesan untuk diteruskan kepada warga Kota Cirebon agar mengecek data warga Cirebon yang belum tercatat untuk dilaporkan ke PPS atau Kelurahan setempat selembat-lambatnya 14 hari sebelum pemilihan calon legislatif yang akan dilaksanakan 9 April 2014.

 

Dalam Sesi tanya jawab dengan peserta Bimtek Relasi itu beberapa dari mereka menayakan "Apakah pengecekan DPT bisa diakses dari Internet?" dan beliau menjawab untuk pengecekan itu bisa diakses melalui website KPU di alamat http://data.kpu.go.id/dpt.php.

 

Selanjutnya penyampaian tentang aturan dan pelaksanaan kampanye serta larangan-larangannya dibacakan oleh Moh. Arief, S.Sos antara lain:

Berkenan tentang aturan tentang kampaye, dapat dilakukan melalui :

  1. Pertemuan terbatas;
  2. Pertemuan tatap muka;
  3. Penyebaran bahan Kampanye Pemilu kepada umum;
  4. Pemasangan alat peraga di tempat umum;
  5. Iklan media massa cetak dan media massa elektronik;
  6. Rapat umum; dan
  7. Kegiatan lain yang tidak melanggar larangan kampanye dan peraturan

Khususnya poin (e) dan (f) hanya dilakukan dengan waktu yang ditetapkan oleh KPU untuk berkampanya.

 

Adapun yang dilarang tentang berkampaye, Pak Arief menyampaikan bahwa alat peraga kampanye tidak ditempatkan pada tempat ibadah, rumah sakit atau tempat-tempat pelayanan kesehatan, gedung milik pemerintah, lembaga pendidikan (gedung dan sekolah), jalan jalan protokol, jalan bebas hambatan, sarana dan prasarana publik, taman dan pepohonan.

 

Pak Arief juga mencontohkan empat surat suara yang masih bentuk Spesimen kepada peserta Bimtek Relasi yaitu surat suara yang berwarna kuning untuk pemilihan Anggota DPR RI, warna merah untuk Anggota DPD, warna biru untuk Anggota DPRD Provinsi dan warna hijau untuk Anggota DPRD Kabupaten/Kota.

 

Menjelang pukul 12:45 Anggota Komisioner Pak Arief dan Bu Dita Hudyani serta Peserta Bimtek memperagakan simulasi cara mecoblos yang benar untuk menghindari terjadinya surat suara yang tidak sah yaitu dengan cara mencoblos boleh di nomer partai, boleh di lambang partai, boleh di nomer urut caleg atau nama calegnya.

 

Sebelum acara itu berakhir Bu Dita yang membidangi di Divisi Umum, Rumah Tangga, SDM dan Sosialisasi, membagikan sebuah booklet dan leaflet sebagai pegangan peserta Bimtek.

Secara resmi Bimtek Relasi tersebut diakhiri dengan sesi foto bersama antara semua Komisioner KPU Kota Cirebon dengan seluruh Peserta Bimtek.

 

Lihat Gallery Acara Bimtek Relasi 25-26 Januari 2014

(Media Center – dd/dn)


Beri Komentar!


Pahami Undang-Undang ITE berikut!


Not readable? Change text.