KPU Kota Cirebon Telah Menerima Dokumen Perbaikan Administrasi Persyaratan Parpol Peserta Pemilu Tahun 2019

CIREBON, kota-cirebon.kpu.go.id – Dalam hal Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon telah selesai melaksanakan Tahapan Penerimaan Dokumen Perbaikan Administrasi Persyaratan Partai Politik (Parpol) Peserta Pemilu Tahun 2019.

Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019, KPU Kota Cirebon sebelumnya telah melaksanakan penerimaan kelengkapan dokumen persyaratan pada tanggal 3 Oktober sampai dengan 17 Oktober 2017 dan dilanjutkan dengan penelitian administrasi sejak tanggal 17 Oktober sampai dengan 15 November 2017.

Sebelumnya, KPU Kota Cirebon telah melaksanakan Rapat Pleno Hasil Penelitian Administrasi Keanggotaan Parpol Calon Peserta Pemilu Tahun 2019 kemudian menyampaikan Berita Acara beserta lampirannya hasil penelitian tersebut kepada 14 Parpol diantaranya Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-Perjuangan), Partai Berkarya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat (PD) dan Partai Garuda.

Menurut Anggota KPU Kota Cirebon, Divisi Hukum, Dr. Sanusi, SH., MH menjelaskan untuk jumlah perbaikan sekurang-kurangnya sama dengan jumlah anggota Parpol yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) pada saat melakukan penelitian administrasi dengan catatan jumlah yang memenuhi syarat ditambah dengan jumlah perbaikan tidak boleh melebihi jumlah saat pendaftaran.

Lanjut sanusi, Parpol diwajibkan untuk menginput kembali jumlah anggota Parpol hasil perbaikan ke dalam aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) dan menyerahkan kembali persyaratan dokumen berupa perbaikan daftar nama dan alamat anggota Parpol (Lampiran 2 Model F2.HP Parpol) dan Salinan (foto copy) Kartu Tanda Anggota (KTA) serta Salinan (foto copy) Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-EL) atau Surat Keterangan yang dimulai sejak tanggal 18 November sampai dengan 1 Desember 2017.

Setelah tahapan perbaikan, KPU Kota Cirebon akan melakukan verifikasi hasil administrasi hasil perbaikan yang akan dimulai tanggal 2 – 11 Desember 2017. (Media Center)


Beri Komentar!


Pahami Undang-Undang ITE berikut!


Not readable? Change text.