KPU RI Kunjungi KPU Kota Cirebon

Cirebon, kpu-cirebonkota.go.id – Untuk pertama kalinya dalam sejarah, lima Komisioner KPU RI secara bersamaan mengunjungi salah satu KPU tingkat kabupaten/kota. Jumat (12/2), Hadar Nafis Gumay, Ferry Kurnia Rizkiyansyah, Arief Budiman, Sigit Pamungkas dan Juri Ardiantoro didampingi oleh unsur Sekretariat Jenderal KPU RI secara bersama-sama mengunjungi kantor KPU Kota Cirebon yang beralamat di Jalan Palang Merah No. 6, Lemahwungkuk, Cirebon.

Pada momen tersebut hadir pula Komisioner KPU Provinsi Jawa Barat, Nina Yuningsih serta beberapa Komisioner perwakilan dari KPU Kabupaten se-wilayah 3 Cirebon meliputi KPU Kabupaten Cirebon, KPU Kabupaten Majalengka, KPU Kabupaten Kuningan dan KPU Kabupaten Indramayu.

Kelima komisioner KPU RI beserta rombongan diterima langsung oleh Ketua KPU Kota Cirebon, Emirzal Hamdani, didampingi oleh empat Komisioner lainnya di ruang rapat KPU Kota Cirebon. Dalam kesempatan tersebut, salah satu Komisioner KPU RI, Sigit Pamungkas, didaulat sebagai ketua rapat dalam diskusi ringan. Menurut Sigit, kunjungan keluarga besar KPU RI ke Kota Cirebon adalah dalam rangka melaksanakan kegiatan evaluasi kinerja di internal KPU RI. “Ini adalah tradisi baru di lingkungan KPU RI yang semestinya bisa direplikasi oleh KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota untuk bersama-sama mengevaluasi, melihat apa yang sudah kita lakukan dan kerjakan  untuk kemudian melihat apa saja yang sudah baik dan apa saja yang perlu disempurnakan dalam meningkatkan kinerja KPU,” ujar Sigit.

Hal lain yang menjadi perhatian Sigit adalah mengenai hubungan antara komisioner dengan kesekretariatan. “Perlu adanya sikap saling mendukung diantara komisioner dengan sekretariat untuk sama-sama memperkuat kelembagaan ini (KPU-red),” tambah Sigit.

Dalam kesempatan itu pula Arief Budiman menyampaikan perkembangan perihal revisi Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah yang akan dilakukan oleh Pemerintah dan DPR. Saat ini KPU RI tengah menyiapkan bahan masukan untuk menjadi bagian dalam proses pembahasan antara Pemerintah dan DPR. “Bisa saja proses revisi tersebut akan merembet kepada Undang-Undang yang lain termasuk Undang-Undang Penyelenggara Pemilu,” kata Arief.

Berkenaan dengan perkembangan tersebut, Arief berujar bahwa dalam agenda internal nanti akan dibahas PKPU Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah. KPU RI berharap adanya catatan, masukan maupun ide-ide dari KPU Kabupaten/Kota se-wilayah 3 Cirebon berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah. “Agar teman-teman (KPU Kabupaten/Kota se-wilayah 3 Cirebon-red) dikoordinasikan oleh KPU Kota Cirebon yang kebetulan sudah kumpul disini bisa membuat catatan yang dapat disampaikan kepada kami sebagai masukan dan menjadi bagian bahan rumusan yang akan disampaikan pada saat pembahasan dengan Komisi II DPR nanti,’’ ucapnya.

Meskipun kunjungan ke KPU Kota Cirebon bukan merupakan agenda utama dalam rangkaian kegiatan KPU RI di Kota Cirebon, namun demikian KPU RI sangat antusias dan menilai bahwa kunjungan ini memiliki kontribusi postitif dalam rangka memperkuat konsolidasi antar KPU RI, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota. (MEDIA CENTER)


Beri Komentar!


Pahami Undang-Undang ITE berikut!


Not readable? Change text.