Kunjungan Silaturahmi KPU Kota Cirebon ke Dinas Perhubungan, Informatika, dan Komunikasi Kota Cirebon

Foto oleh Albet Giusti

Pada Hari Selasa, 26 April 2016, KPU Kota Cirebon melakukan Kunjungan Silaturahmi ke Dinas Perhubungan, Informatika, dan Komunikasi Kota Cirebon Dalam Rangka Persiapan Pelaksanaan Sosialisasi/Pendidikan Pemilih Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Cirebon Tahun 2018. Peserta Kunjungan Silaturahmi dari KPU Kota Cirebon adalah Dita Hudayani, S.H., Moh. Iwan Setiawan, S.H., dan Sanusi, S.H. M.H. selaku Anggota KPU Kota Cirebon serta Kepala dan Pegawai Sub Bagian Teknis Pemilu dan Hubungan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Cirebon. Kunjungan Silaturahmi diterima oleh Maman Sukirman, selaku Kepala dan Para Pejabat serta Pegawai Dinas Perhubungan, Informatika, dan Komunikasi Kota Cirebon.

Kunjungan Silaturahmi dibuka oleh Maman Sukirman, Kepala Dinas Perhubungan, Informatika, dan Komunikasi Kota Cirebon yang selanjutnya diserahkan kepada Dita Hudayani, S.H. selaku Divisi Sosialisasi Komisi Pemilihan Umum Kota Cirebon. Dalam rangka persiapan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Cirebon Tahun 2018, Komisi Pemilihan Umum Kota Cirebon bermaksud untuk mengetahui media apa saja yang dapat membantu dalam kegiatan sosialisasi. Hal ini dalam rangka meningkatkan partisipasi politik masyarakat Kota Cirebon yang cenderung menurun. Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perhubungan, Informatika, dan Komunikasi Kota Cirebon       sudah memperbaiki mobil wara-wara dan menyiapkan rambu-rambu elektronik agar dapat ikut serta dalam kegiatan sosialisasi Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Cirebon Tahun 2018.

Pertanyaan selanjutnya, apakah dapat mengaktifkan sms gateway untuk mengingatkan kepada para masyarakat/pemilih ketika melewati kecamatan atau kelurahan agar dapat meningkatkan partisipasi masyarakat. Kemudian apakah rambu-rambu elektronik dapat digunakan dalam rangka sosialisasi Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018. Terakhir, agar dapat memfasilitasi layar lebar pada saat rapat pleno. Jawaban dari Kepala Kepala Dinas Perhubungan, Informatika, dan Komunikasi Kota Cirebon adalah baru ada rambu-rambu elektronik saja, untuk sms gateway Dishub tidak memiliki wewenang, dan layar lebar ada di Bagian Hubungan Masyarakat Pemerintah Kota Cirebon.

Kepala UPTD Terminal bertanya mengenai kemungkinan adanya Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Terminal untuk memfasilitasi masyarakat untuk memilih. Kemudian menanggapi sms gateway dapat langsung menghubungi operator seluler dalam rangka informasi kepada masyarakat dan KPU Kota Cirebon dapat bekerja sama dengan Organisasi Angkutan Darat (Organda) untuk sosialisasi di angkot-angkot. Untuk TPS di terminal, menurut Dita Hudayani, S.H. selaku Divisi Sosialisasi KPU Kota Cirebon, TPS berbasis Daftar Pemilih Tetap (DPT), sehingga tidak memungkinkan adanya TPS di tempat-tempat umum. Sejauh ini, cara memfasilitasinya melalui TPS berjalan dan TPS di Lembaga Pemasyarakatan.

Kunjungan Silaturahmi ditutup oleh Kepala Dinas Perhubungan, Informatika, dan Komunikasi Kota Cirebon pada pukul 11.15 WIB, dengan kesimpulan sebagai berikut

  1. Komisi Pemilihan Umum Kota Cirebon menghargai bantuan yang disiapkan oleh Dinas Perhubungan, Informatika, dan Komunikasi Kota Cirebon; dan
  2. Berharap ke depan akan ada koordinasi lagi antara Komisi Pemilihan Umum Kota Cirebon dengan Dinas Perhubungan, Informatika, dan Komunikasi Kota Cirebon dalam rangka kerjasama melaksanakan kegiatan sosialisasi Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Cirebon Tahun 2018.

Beri Komentar!


Pahami Undang-Undang ITE berikut!


Not readable? Change text.