Lewat Banggar, Komisi 2 Setuju Akan Bahas Anggaran KPU Tahun 2017

Jakarta, kpu.go.id – Dalam Rapat Dengar Pendapat yang membahas tentang Pagu Anggaran Tahun 2017 untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) setuju untuk membawa pembahasan tersebut ke dalam Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Senin (18/7).
 
Meski setuju melakukan pembahasan lanjutan, Ketua Komisi II DPR RI, Rambe Kamarulzaman mengatakan, terkait alokasi anggaran berdasarkan program, hal itu akan dibahas lebih lanjut dalam Rapat Dengar Pendapat yang akan datang.
 
“Namun untuk alokasi anggaran berdasarkan program, Komisi II DPR RI akan membahasnya kembali secara lebih mendalam pada Rapat Dengar Pendapat yang akan datang,” terang Rambe.
 
Mengenai nominal Pagu Anggaran Tahun 2017 untuk kedua lembaga penyelenggara Pemilu tersebut antara lain; KPU sebesar Rp. 1.931.150.758.000,- sedangkan untuk Bawaslu jumlahnya sebesar Rp. 485.034.246.000,-.
 
Sekretaris Jenderal KPU RI, Arif Rahman Hakim mengatakan jumlah anggaran yang diajukan oleh KPU tersebut digunakan untuk mendukung proses dan tahapan Pilkada Serentak Tahun 2017. Ia menjelaskan, nilai tersebut terpaut jauh dari Bawaslu karena KPU memiliki 549 satuan kerja (satker) yang terdiri dari KPU RI, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota.
 
"Jumlah satker KPU ada 549. Kami sudah melakukan perbandingan pada instansi-instansi lain yang memiliki satker sampai kabupaten, sebenarnya anggaran KPU tergolong minimalis, jika dibandingkan dengan Bawaslu memiliki 35 satker dan mendapat anggaran 485 milliar. Untuk itu kami meminta dukungan anggaran yang memadai, ini kepentingan kita semua dalam pelaksanaan Pilkada Serentak, dan Pemilu," tutur Arif. 
 
Sementara itu, anggaran tambahan yang diajukan oleh KPU untuk mendukung proses Pilkada Serentak Tahun 2017 belum dapat disetujui oleh Komisi II DPR RI. Rambe mengatakan, Komisi II akan melakukan pembahasan lebih lanjut dalam Rapat Dengar Pendapat selanjutnya guna membahas usulan penambahan anggaran KPU tersebut.
 
“Komisi II DPR RI belum dapat menyetujui usulan tambahan anggaran KPU sebesar Rp. 976.410.485.000,- dan akan membahasnya lebih lanjut pada Rapat Dengar Pendapat yang akan datang,” kata dia.
 
Terhadap usulan anggaran Bawaslu sebesar Rp. 139.731.762.000,- yang akan dialokasikan untuk menutupi kekurangan anggaran belanja operasional dan non operasional, Komisi II DPR RI menyetujui hal tersebut untuk dibahas lebih lanjut di Banggar DPR RI. (rap/red. FOTO KPU/dosen/hupmas)
 
Sumber : http://www.kpu.go.id/index.php/post/read/2016/5048/Lewat-Banggar-Komisi-2-Setuju-Akan-Bahas-Anggaran-KPU-Bawaslu-Tahun-2017/berita-terkini

Beri Komentar!


Pahami Undang-Undang ITE berikut!


Not readable? Change text.