Media Gathering

Media Gathering

Cirebon, kpu-cirebonkota.go.id - Rabu, 2 Desember 2015, KPU Kota Cirebon menyelenggarakan media gathering bertempat di Aula KPU Kota Cirebon. Peserta media Gathering merupakan perwakilan media cetak dan elektronik yang terdiri dari 4 media cetak,  11 media elektronik radio dan 2 televsi lokal yang ada di Kota Cirebon.

Emirzal Hamdani, SE.Ak selaku Ketua KPU Kota Cirebon dalam sambutannya mengatakan bahwa acara media gathering ini merupakan salah satu amanat dari KPU Pusat untuk membina hubungan yang baik dengan media massa,  juga dalam rangka untuk mensosialisasikan tugas pokok dan fungsi KPU Kota Cirebon serta mensosialisasikan pelaksanaan Pilkada Serentak menurut amanat Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, Dan Walikota Menjadi Undang-undang sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 Tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, Dan Walikota Menjadi Undang-undang.

Dalam paparannya Emirzal menyampaikan bahwa pelaksanaan Pilkada Serentak di Indonesia menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015terdiri dari 7 tahapan, yaitu :

  1. Pemungutan suara serentak dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota yang masa jabatannya berakhir pada tahun 2015 dan bulan Januari sampai dengan bulan Juni tahun 2016 dilaksanakan pada tanggal dan bulan yang sama pada bulan Desember tahun 2015. (Di seluruh Indonesia terdapat 9 Provinsi, 36 Kota dan 224 Kabupaten yang mengadakan Pilkada Serentak pada tanggal 9 Desember 2015)
  2. Pemungutan suara serentak dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota yang masa jabatannya berakhir pada bulan Juli sampai dengan bulan Desember tahun 2016 dan yang masa jabatannya berakhir pada tahun 2017 dilaksanakan pada tanggal dan bulan yang sama pada bulan Februari tahun 2017. (Di seluruh Indonesia terdapat 8 Provinsi, 94 Kabupaten/Kota yang mengadakan Pilkada Serentak pada Februari tahun 2017)
  3. Pemungutan suara serentak dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota yang masa jabatannya berakhir pada tahun 2018 dan tahun 2019 dilaksanakan pada tanggal dan bulan yang sama pada bulan Juni tahun 2018. (Di seluruh Indonesia terdapat 17 Provinsi, 154 Kabupaten/Kota yang mengadakan Pilkada Serentak pada Juni tahun 2018)
  4. Pemungutan suara serentak Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota hasil pemilihan tahun 2015 dilaksanakan pada tahun 2020.
  5. Pemungutan suara serentak Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota hasil pemilihan tahun 2017 dilaksanakan pada tahun 2022.
  6. Pemungutan suara serentak Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota hasil pemilihan tahun 2018 dilaksanakan pada tahun 2023.
  7. Pemungutan suara serentak nasional dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dilaksanakan pada tanggal dan bulan yang sama pada tahun 2027. (Serentak seluruh Indonesia terdiri dari 34 provinsi dan 508 Kabupaten/Kota).

Sedangkan dalam rangka persiapan Pemilihan Walikota Dan Wakil Walikota Cirebon tahun 2018, KPU Kota Cirebon telah selesai menyusun Rencana Kebutuhan Biaya (RKB) untuk penyelenggaraan Pemilihan Walikota Dan Wakil Walikota Cirebon tahun 2018 dan telah disetujui oleh Pemerintah Kota Cirebon dan DPRD Kota Cirebon sebesar Rp. 22.957.100.000,- (dua puluh dua milyar sembilan ratus lima puluh tujuh juta seratus ribu rupiah) dan akan diaokasikan dalam Dana Cadangan Pemerintah Kota Cirebon mulai tahun 2016.

Emirzal berharap dengan diselenggarakannya media gathering ini maka akan terus tercipta dan terbinanya hubungan yang baik antara KPU Kota Cirebon dan media massa, sehingga kedepannya bisa terus bekerja sama untuk mensosialisasikan berbagai hal tentang kepemiluan. (Media Center)


Beri Komentar!


Pahami Undang-Undang ITE berikut!


Not readable? Change text.