“Ngopi Bareng KPU” (Ngobrolin Pilkada dan Pemilu)

KPU Kota Cirebon mengadakan sosialisasi pencalonan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Cirebon Tahun 2018, Rabu (24/5) di Aula KPU Kota Cirebon. Foto Media Center.

Sebagai upaya persiapan memasuki tahapan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Tahun 2018 serta Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019, KPU Kota Cirebon menggelar acara “Ngopi Bareng KPU” (Ngobrolin Pilkada dan Pemilu), bertempat di Aula KPU Kota Cirebon Jl. Palang Merah No. 6 Cirebon, Rabu (24/5).

Acara Ngopi Bareng KPU ini dihadiri oleh unsur Partai Politik, tokoh masyarakat yang berminat mencalonkan dari jalur Perseorangan serta Media Massa lokal. Obrolan berlangsung hangat dan penuh kekeluargaan. Isu seputar mekanisme Pencalonan, baik melalui Partai Politik maupun Perseorangan menjadi bahan perbincangan yang menarik di antara peserta yang hadir. Aturan mengenai Pencalonan dalam helatan Pilkada bersifat dinamis, sehingga patut untuk selalu dicermati baik oleh peserta pemilihan, penyelenggara maupun pihak lainnya.

Pencalonan melalui Partai Politik mewajibkan Pasangan Calon menyertakan Surat Keputusan dari DPP Pusat sebagai tanda persetujuan menjadi perhatian khusus di kalangan Partai Politik yang hadir. Pasalnya, tak jarang terjadi permasalahan rekomendasi DPP yang berbeda dengan DPC tingkat Kabupaten/Kota.

Begitu pula dengan kewajiban memperoleh dukungan dan untuk Pasangan Calon Perseorangan. Berkaca pada aturan, Pasangan Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Walikota Cirebon yang hendak menempuh jalur perseorangan harus memperoleh minimal 23.377 dukungan.

Di akhir acara, Ketua KPU Kota Cirebon berharap nantinya seluruh tahapan penyelenggaraan, baik Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2018 dan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 dapat berjalan dengan lancar, aman dan damai. Kondisi demikian akan tercapai apabila unsur-unsur yang menjadi bagian dari pelaksanaan Pemilihan dan Pemilu dalam hal ini Penyelenggara (KPU dan Panwaslu), Peserta (Partai Politik/Perseorangan), Pemerintah, Masyarakat dan Media Massa taat terhadap aturan perundang-undangan dan bekerja sama mensukseskan seluruh tahapan. (Media Center)


Beri Komentar!


Pahami Undang-Undang ITE berikut!


Not readable? Change text.