PELANTIKAN KELOMPOK PENYELENGGARA PEMUNGUTAN SUARA (KPPS)

CIREBON, kota-cirebon.kpu.go.id - KPU Kota Cirebon mengadakan kegiatan Pelantikan Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon, Rabu 27 Juni 2018 secara serentak bertempat di 5 kecamatan se-Kota Cirebon, Minggu (3/6).

Menurut Emirzal, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) memiliki tugas dan tanggung jawab dalam melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Kepala Daerah di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS). Diharapkan seluruh KPPS dapat memahami tugas dan kewajibannya. Di samping itu perlu persiapan teknis serta melakukan koordinasi dengan para pihak terkait lainnya dalam persiapan dan pelaksanaan pemungutan suara.

"Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) merupakan kelompok yang dibentuk oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS). KPPS menyelenggarakan pemungutan suara di TPS merupakan lembaga penyelenggara pemilu yang memiliki peran strategis.

Oleh karena sebagai bagian dari penyelenggara pemilihan Kepala Daerah, KPPS dalam melaksanakan tugasnya harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Selain itu, diperlukan kecermatan, ketelitian dan konsisten terhadap data yang diperoleh dari pelaksanaan pemungutan dan rekapitulasi penghitungan suara," katanya.

Emirzal berharap Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) harus memiliki integritas dan netralitas. Integritas sangat dibutuhkan guna lebih menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara. "KPPS untuk tidak berpihak kepada salah satu pasangan calon yang akan berpengaruh terhadap perolehan suara dari pasangan calon. Jika intergritas dan netralitas KPPS tidak dimiliki dapat berindikasi kepada cacatnya proses demokrasi dan jika terbukti melanggar aturan hukum yang berlaku dapat dikenakan sanksi pidana sesuai peraturan perundang-undangan," tegasnya.

Tanamkanlah pada diri saudara, kata Emirzal, dalam melaksanakan kegiatan pemungutan dan penghitungan suara dengan penuh tanggung jawab, berintegrits dan netral sebagai anggota KPPS dengan sebaik-baiknya sesuai peraturan perundang-undangan. Dalam menjalankan tugas dan wewenang akan bekerja dengan sungguh-sungguh, jujur, adil, teliti dan cermat demi suksesnya Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon Tahun 2018, demi tegaknya demokrasi dan keadilan di daerah yang kita cintai," tuturnya. (Media Center)


Beri Komentar!


Pahami Undang-Undang ITE berikut!


Not readable? Change text.