Persiapan Pemilu Tahun 2019, KPU Kota Cirebon Gelar Raker Penataan Dapil dan Alokasi Kursi

CIREBON, kota-cirebon.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon mengadakan Rapat Kerja Penataan Daerah Pemilihan (Dapil) dan Alokasi Kursi Pemilu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten/Kota Tahun 2019, di Hotel Santika, Jalan Wahidin, Kota Cirebon, Jumat (24/11/17).

Komisioner KPU Kota Cirebon Divisi Teknis, Moh. Arief, S.Sos, mengatakan rapat kerja yang membahas mengenai Dapil menjadi isu yang hangat dan krusial. “Penyusunan dan penentuan Dapil untuk Pemilu 2019 menjadi wewenang KPU RI,” jelasnya.

Arief menjelaskan, sebagai mekanisme penetapan Dapil sementara ini masih merujuk pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 5 Tahun 2013 tentang Tata Cara Penetapan Daerah Pemilihan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota Dalam Pemilihan Umum Tahun 2014. “Untuk Pemilu Tahun 2019 mendatang, akan menggunakan PKPU yang baru, meski nantinya secara prinsip tidak ada perbedaan signifikan. Dasar Hukum lainnya yaitu Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017, PKPU Nomor 7 Tahun 2017, dan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011 tentang Partai Politik,” jelasnya.

Mekanisme Kerja KPU Kabupaten/Kota, kata Arief, dalam menyusun usulan/draf penataan Dapil dan alokasi kursi memperhatikan 7 prinsip yaitu Kesetaraan Nilai Suara, Tata Sistem Pemilu Proporsional, Proporsionalitas, Integralitas Wilayah, Kohesivitas dan Kesinambungan. “Dari hasil penyusunan usulan penataan Dapil dan alokasi kursi dengan memperhatikan hasil uji publik, kami akan menyampaikan usulan tersebut kepada KPU Provinsi Jawa Barat dalam bentuk hardcopy dan softcopy untuk direkapitulasi sebelum dilakukan penataan dan penetapan Dapil oleh KPU RI,kata Arief.

Untuk ketentuan penataan dapil, jumlah kursi anggota DPRD Kabupaten/Kota ditetapkan paling sedikit 20 kursi dan paling banyak 55 kursi. Sedangkan, mekanisme perhitungan jumlah kursi anggota DPRD Kota Cirebon berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Pasal 191 ayat 2. “Jumlah penduduk Kota Cirebon sejumlah kemungkinan besar masih di kisaran di bawah 400.000 jiwa dengan 5 Kecamatan dan 22 Kelurahan sehingga jumlah kursi anggota DPRD di Kota Cirebon masih di angka 35 kursi,” tegasnya.

Pada Pemilu 2014 terdapat 3 Dapil di Kota Cirebon yaitu Dapil 1 di Kecamatan Harjamukti, Dapil 2 berada di Kecamatan Kesambi dan Kecamatan Pekalipan. Sedangkan Kecamatan Kejaksan dan Kecamatan Lemahwungkuk merupakan Dapil 3.

Dalam acara tersebut diakhiri dengan tanya jawab yang menjadi sesi terpenting dalam kegiatan yang dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOMPIMDA) serta Perwakilan Partai Politik. (Media Center)

 

 

 


Beri Komentar!


Pahami Undang-Undang ITE berikut!


Not readable? Change text.