Persiapan Pilkada Capai Angka 99 Persen

Husni Siap

Jakarta, kpu.go.id –  Husni Kamil Manik, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dalam Rapat Koordinasi Persiapan Akhir Penyelenggaraan Pilkada serentak Tahun 2015 Minggu (6/12) di Ruang Sidang Utama  Gedung KPU  mengatakan persiapan pelaksanaan pilkada serentak tahun 2015 telah mencapai persen.

“Sampai hari ini (Minggu,6/12) persiapan sudah mencapai 99 persen. Dengan demikian maka perencanaan pelaksanaan Pilkada 

Tahun 2015, sebanyak sembilan provinsi, 224 kabupaten dan  36 kota, genap bisa kita selenggarakan, ujar Husni melaporkan.”

Beberapa indikator yang menjadi tolak ukur kesiapan tersebut antara lain, telah dilakukannya bimbingan teknis kepada penyelenggara sampai kepada tingkat Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), surat suara yang 100 persen sudah tercetak, telah selesainya penyediaan alat kelengkapan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh daerah dan telah dibagikannya formulir C6 kepada pemilih. 

Dalam rapat koordinasi yang dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara pemilu (DKPP), Pimpinan Kepolisian Republik Indonesia, Pimpinan Tentara Nasional Indonesia, Kepala Badan Intelejen Negara dan 12 pimpinan partai politik ini Husni menyebutkan bahwa sudah tidak terdapat lagi permasalahan pencairan anggaran. 

Dari 269 daerah, 180 diantaranya sudah menerima transfer seluruh dana hibah dari pemerintah daerah sedangkan 89 daerah sisanya telah menerima dana hibah dari pemerintah daerah kurang dari 100 persen.

Terkait dengan pencalonan di Provinsi Kalimantan Tengah, saat ini surat suara telah tercetak. Namun KPU masih menunggu Putusan dari Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara untuk melakukan tindakan lebih lanjut. 

Masyarakat juga akan dengan cepat memperoleh gambaran hasil pilkada karena KPU akan memberikan informasi hasil pilkada sementara dari hasil scan C1 yang diolah dalam Sistem Informasi Penghitungan Suara (SITUNG).  (ftq/red. FOTO KPU/ook/Hupmas)


Beri Komentar!


Pahami Undang-Undang ITE berikut!


Not readable? Change text.