Pilwalkot Cirebon Tahun 2018, Tidak Diramaikan Bapaslon Jalur Perseorangan

 

CIREBON, kota-cirebon.kpu.go.id – Seperti Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat tahun 2018, pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon Tahun 2018 dipastikan tidak diramaikan oleh Pasangan Calon (Paslon) dari Jalur Independen (Perseorangan). Hal demikian seiring dengan berakhirnya waktu penyerahan berkas dukungan Bapaslon Perseorangan yang telah ditutup pada Rabu, 29 November 2017 pukul 24.00 WIB dini hari tadi.

Masa penyerahan dokumen syarat dukungan bakal calon perseorangan dimulai dari 25 sampai dengan 29 November 2017. Sebelumnya, KPU Kota Cirebon telah menggelar sosialisasi tahapan persyaratan calon Perseorangan Pilwalkot Cirebon Tahun 2018 sebanyak 3 kali. Dalam kegiatan sosialisasi tersebut menjelaskan mengenai syarat minimal dukungan calon Bapaslon Perseorangan Pilwalkot Cirebon yaitu 10% dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilpres 2014 sebesar 233.774 yaitu sebanyak 23.378 dukungan yang tersebar di lebih dari 50% jumlah kecamatan yaitu minimal 3 kecamatan.

Di hari terakhir masa penyerahan dukungan, tepatnya pada pukul 20.14 WIB, salah satu kandidat Bapaslon Perseorangan, Ahmad Sofyan, mendatangi Kantor KPU Kota Cirebon untuk berkonsultasi. Ahmad Sofyan selalu hadir dan aktif mengikuti Sosialisasi Pencalonan. Namun di akhir masa penyerahan syarat dukungan, Ahmad Sofyan menyatakan mundur dari pencalonan perseorangan karena dukungan yang telah dihimpun masih kurang dari yang dipersyaratkan oleh KPU Kota Cirebon.

Sebagai simbol berakhirnya waktu Penerimaan Dokumen Bapaslon Perseorangan, Ketua bersama anggota KPU Kota Cirebon menutup gerbang kantor KPU Kota Cirebon tepat pukul 24.00 WIB. Dengan demikian, pada Pilwalkot Cirebon 27 Juni 2018 tidak diramaikan oleh Calon perseorangan seperti halnya Pilgub Jabar Tahun 2018.

Pada pukul 00.20 WIB digelar Rapat Pleno Terbuka Penutupan Tahapan Penyerahan Dokumen Syarat Dukungan Bapaslon Perseorangan Pilwalkot Cirebon 2018 oleh KPU Kota Cirebon. Rapat dipimpin oleh Emirzal Hamdani, SE., Ak, selaku Ketua KPU Kota Cirebon, didampingi oleh Anggota KPU Kota Cirebon diantaranya Moh. Arief, S.Sos, Dita Hudayani, SH, M. Iwan Setiawan, SH, dan Dr. Sanusi, SH., MH. Turut hadir dalam rapat tersebut Panwas Kota Cirebon dan Panwas Kecamatan, serta PPK dan PPS se-Kota Cirebon sejumlah 91 orang.

Emirzal dalam sambutan acara penutupan, mengucapkan terima kasih kepada semua anggota KPU Kota Cirebon beserta Sekretaris KPU Kota Cirebon dan jajarannya yang telah mendukung kegiatan Penerimaan Dokumen Bapaslon Perseorangan yang berlangsung selama 5 hari, terhitung sejak 25 – 29 November 2017.

Hal senada juga disampaikan oleh Emirzal kepada penyelenggara KPU ditingkat kecamatan dan kelurahan yang selalu siap siaga untuk menyambut kedatangan Bapaslon Perseorangan Pilwalkot Cirebon 2018. (Media Center)

 


Beri Komentar!


Pahami Undang-Undang ITE berikut!


Not readable? Change text.