Presiden Jokowi Ratas Bahas Revisi UU Pilkada

JAKARTA, kemendagri.go.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengelar rapat terbatas (ratas) kabinet terkait Rancangan Undang-Undang (RUU) Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada). Ratas dijadwalkan berlangsung pada pukul 15.00 WIB di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (15/3).

"Dalam ratas akan kami laporkan kepada Presiden soal draf RUU Pilkada," kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Program Pembinaan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Pusat dan Daerah di Hotel Swis Belhotel.

Dia menambahkan, ratas juga nanti dihadiri di antaranya oleh Menteri Keuangan. "Ini terkait anggaran pilkada," kata dia. Disinggung mengenai kemungkinan dipersulitnya persyaratan calon independen, dia memastikan hal tersebut tidak akan terjadi.

"Jangan ada kesan membatasi. Ini kan hak politik warga negara, masyarakat mencalonkan diri dan ingin mencalonkan seseorang. Kami ingin jaring calon kepala daerah yang terbaik dan mampu memimpin daerahnya," ujarnya.

Dia juga mengingatkan bahwa keringanan calon independen sudah disetuji Mahkamah Konstitusi (MK). Dia berharap tidak ada pertentangan antara calon independen dan calon dari partai politik (parpol).

"Jadi jangan ada dikotomi pertentangan, Bakal calon kepala daerah itu bisa diusung satu partai, gabungan partai, dan calon independen. Siapa pun berhak maju dalam pilkada," ucapnya.

Sumber: http://www.kemendagri.go.id/news/2016/03/15/presiden-jokowi-ratas-bahas-revisi-uu-pilkada


Beri Komentar!


Pahami Undang-Undang ITE berikut!


Not readable? Change text.