Rapat Pembahasan Peran Pemerintah Daerah Dalam Pemilu Serentak Tahun 2019

Cirebon, kota-cirebon.kpu.go.id - Pemerintah Kota Cirebon mengadakan rapat kerja bersama KPU Kota Cirebon dan Bawaslu Kota Cirebon serta instansi terkait untuk membahas peran pemerintah dalam penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2019, Kamis (24/1).

Pemerintah Kota Cirebon yang diwakili Kabag Pemerintahan, Sutikno, bertindak sebagai pimpinan rapat, didampingi instansi terkait seperti Kesbangpol, Camat, Satpol PP, Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Cirebon serta instansi lainnya. Hadir pula pada rapat tersebut yaitu Ketua KPU Kota Cirebon, Didi Nursidi yang didampingi Anggota KPU Kota Cirebon, Dedi Haerudi dan Nur Dewi Kurniyawati, serta jajaran Sekretariat. Sedangkan Bawaslu Kota Cirebon diwakili oleh anggotanya, Devi Siti Sihatul Afiah.

Agenda utama rapat pembahasan yang bertempat di Sekretariat Pemkot Cirebon di kawasan Stadion Bima yaitu mengenai penambahan lokasi kampanye rapat umum, penyimpanan logistik pemilu, penerbitan surat keterangan sehat bagi calon anggota KPPS serta sosialisasi dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat dalam Pemilu Serentak Tahun 2019.

Opsi penambahan lokasi kampanye rapat umum diberlakukan untuk Daerah Pemilihan Kota Cirebon 3 (Kecamatan Pekalipan dan Kecamatan Kesambi) yaitu di Lapang Bola Drajat dan Area Parkir Stadion Bima. Namun yang dianggap paling representatif adalah di Area Parkir Stadion Bima. Hal ini akan dibahas lebih lanjut di lingkungan Pemkot Cirebon.

Hal krusial lainnya berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2019 yaitu penerbitan surat keterangan sehat dari puskesmas bagi calon anggota KPPS yang menjadi salah satu persyaratan. Biaya yang diperlukan untuk surat tersebut sebesar 15 ribu dirasa memberatkan bagi calon anggota KPPS yang hendak mendaftar dan berpotensi menimbulkan keengganan masyarakat untuk menjadi anggota KPPS. Untuk itu KPU Kota Cirebon berharap kepada Dinas Kesehatan untuk membebaskan biaya penerbitan surat keterangan sehat bagi calon anggota KPPS. (Media Center)

 


Beri Komentar!


Pahami Undang-Undang ITE berikut!


Not readable? Change text.