Rapat Sosialisasi Anggaran DIPA 076 KPU Kota Cirebon Tahun 2014

Rapat sosialisasi DIPA PPK PPS

Cirebon – Bertempat di Aula KPU Kota Cirebon hari Kamis, 23 Januari 2014 telah dilaksanakan sosialisasi Anggaran DIPA 076 KPU Kota Cirebon Tahun Anggaran 2014 untuk badan penyelenggara Ad-Hoc, yaitu PPK beserta Sekretariat PPK se-Kota Cirebon.

Sosialisasi tersebut dibuka oleh Ketua KPU Kota Cirebon, Emirzal Hamdani, SE. Ak yang dalam kata-kata pembukaannya lebih menekankan pelaksanaan tugas pokok masing-masing sesuai kapasitasnya. Diharapkan bagi rekan-rekan  PPK melaksanakan tugas teknis kepemiluan sementara Sekretariat PPK melaksanakan teknis pengelolaan anggaran. Pak Emirzal juga menyampaikan agar dibangun trust (kepercayaan) antara PPK dengan Sekretariat  PPK.

Setelah Ketua KPU menyampaikan kata pembukaannya dilanjutkan penyampaian sosialisasi dalam acara tersebut oleh Sekretaris KPU Kota Cirebon, sebelumnya disampaikan pula evaluasi anggaran tahun 2013 serta dikatakan bahwa sosialisasi ini merupakan implementasi pelaksanaan Anggaran PPK, PPS,dan Pantarlih/KPPS wajib disampaikan oleh KPU kepada PPK.

Kemudian oleh Drs. Irianto Legowo, M.Si selaku Sekretaris KPU Kota Cirebon kepada peserta rapat khususnya rekan-rekan Sekretariat PPK dikatakan bahwa mereka adalah orang-orang pilihan yang telah ditetapkan oleh  Walikota Cirebon untuk melaksanakan tugas Kesekretariatan PPK. Disamping itu juga harus dipahami bahwa mereka bertugas atas nama Undang-Undang dalam hal ini implementasi dari pelaksanaan Undang-Undang No. 15 Tahun 2011 tentang Penyelanggara Pemilihan Umum, sehingga diharapkan mereka bekerja untuk Negara dengan rasa kebanggaan selain itu juga merupakan tugas tambahan dari Walikota.

Selanjutnya dalam sosialisasi tersebut disampaikan beberapa hal diantaranya.

  1. Azas Pengelolaan Keuangan Negara, khususnya Transparancy dan Akuntabilitas.
  2. Maksud dan tujuan sosialisasi adalah untuk membantu dan mempermudah pemahaman para pejabat pengelola keuangan di badan penyelenggara Pemilu Ad-Hoc dalam mengelola anggaran tahapan Pemilu 2014, dan bertujuan menciptakan kesamaan pengertian dan pemahaman tentang proses keuangan serta memberikan panduan dalam melaksanakan tugasnya.
  3. Pelaksanaan Alokasi Anggaran untuk PPK dan Sekretariat PPK.
  4. Pesedur pengajuan pencairan anggaran.
  5. Pertanggungjawaban.

Acara sosialisasi sebelum ditutup oleh Ketua KPU, diadakan sesi tanya jawab dan dari beberapa orang peserta menyampaikan pertanyaan seputar tidak adanya anggaran distribusi logistik sampai dengan KPPS. Kemudian pertanyaan tentang revisi anggaran agar disosialisasikan, adanya peserta yang memberikan masukan agar diadakan rapat evaluasi secara rutin untuk mengetahui kendala atau masalah dalam pertanggungjawaban pengelolaan anggaran.

Akhirnya sekitar pukul 12:15 Pak Emirzal menutup Acara Sosialisasi tersebut.


Lihat gallery Rapat Sosialisasi Anggaran DIPA 076

(Media Center – dd/ir)


Beri Komentar!


Pahami Undang-Undang ITE berikut!


Not readable? Change text.