Terkait Pelantikan Kepala Daerah, Mendagri Sebut Tinggal Tunggu Hari Yang Tepat

Jakarta, Beritaempat – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo akan merencanakan untuk melangsungkan pelantikan kepala daerah pada bulan Februari 2016. Namun, menurutnya, proses pelantikan tersebut masih dalam pembahasan di Sekretaris Negara (Setneg) terkail waktu yang tepat untuk pengangkatan definitif gubernur tersebut.

“Lagi dibahas sama Setneg, tinggal tentukan hari yang tepat saja,” kata Tjahjo di Kantor Kementerian Kemendagri (Kemdagri), Jalan Jalan Medan Merdeka Utara Nomor 7, Jakarta Pusat, Senin (25/1).

Kendati demikian, kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu belum bisa memastikan kapan waktu pelantikan itu. Apakah berlangsung awal, pertengahan atau akhir Februari nanti. Oleh karenanya, ia belum bisa angkat bicara terkait hal tersebut. “Saya belum berani ngomong dulu,” ujar Tjahjo.

Sebelumnya, ia menyatakan akan melantik kepala daerah terpilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada bulan Februari, bagi mereka yang tak sedang menempuh jalur hukum di Mahkamah Konstitusi (MK). Sedangkan bagi calon yang ada sengketa hukum akan dilantik pada bulan Maret. “Selain itu, ada juga yang menunggu masa jabatan habis pada Juni lalu,” ujar dia.

Di sisi lain, anggota Komisi II DPR RI, Luthfi Andi Mutty mengungkapkan, kemungkinan besar usulan tersebut ditolak. Dalam artian, pelantikan kepala daerah bupati/walikota tetap akan dilaksanakan di tingkat provinsi. Hal ini menurut Luthfi, berdasarkan aturan yang ada.

“Hasil Pilkada serentak dilantik di Ibukota Provinsi oleh Mendagri atas nama Presiden. Jadi hampir tidak mungkin dilantik di Jakarta,” kata Luthfi. (Ahmad Halim)


Beri Komentar!


Pahami Undang-Undang ITE berikut!


Not readable? Change text.