Tingkatkan Kualitas Pemilih Melalui Sekolah Demokrasi

Prabumulih, kpu.go.id - Meningkatnya partisipasi pemilih idealnya juga diimbangi dengan meningkatnya pemahaman masyarakat akan pentingnya pemilu, politik dan demokrasi. Capaian positif partisipasi ditiap pemilu maupun pemilihan akan terasa hambar apabila masyarakat sebagai pemegang kedaulatan justru tidak memahami apa pentingnya pemilu dan demokrasi atau hanya mengikuti proses politik sebatas seremonial belaka. 

Berangkat dari kesadaran untuk meningkatkan pemahaman masyarakat ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Prabumulih mengadakan Sekolah Demokrasi. Program yang dibuka untuk umum dan pelajar/mahasiswa ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pemilih di Sumatera Selatan pada khususnya dan Indonesia pada umumnya, Sabtu (7/3/2020).  

Anggota KPU RI Ilham Saputra yang hadir pada peresmian Sekolah Demokrasi mendukung inovasi yang dilakukan jajaran KPU Kota Prabumulih dan berharap melalui program ini membantu masyarakat memahami hak dan kewajibannya dalam pemilu. Ilham juga meyakini meningkatnya pemahaman pemilih akan berkorelasi dengan meningkatnya kualitas dari proses pemilu maupun pemilihan. "Kami ingin menciptakan pemilihan yang berkualitas dan meningkatkan partisipasi yang diikuti oleh pemahaman demokrasi secara utuh dan menjadi pemilih yang rasional,” ujar Ilham. 

Lebih lanjut Ilham juga percaya dengan terciptanya para pemilih rasional maka proses politik juga akan lebih bermartabat, sebab masyarakat akan lebih melihat calon berdasarkan visi dan misinya juga tidak mudah terpengaruh pada rayuan politik uang. "Diharapkan (program ini) juga sebagai contoh bagi daerah-daerah lain untuk melakukan pendidikan pemilih," tambah Ilham.

Sebagai informasi, program Sekolah Demokrasi ini terbuka untuk peserta baik umum maupun pelajar/mahasiswa dengan rentang usia 17-40 tahun. Untuk peserta umum dan mahasiswa program dilaksanakan selama 6 bulan dengan 24 kali pertemuan sementara untuk pelajar dilaksanakan selama 3 bulan dengan 12 kali pertemuan.

Turut hadir pada peresmian Sekolah Demokrasi Anggota KPU Provinsi Sumatera Selatan, KPU kabupaten/kota di Sumatera Selatan, Direktur Eksekutif Perludem Titi Anggraini, Koor. Umum KISP Moch Edward Trias Pahlevi serta segenap pelajar di Kota Prabumulih. (hupmas kpu ri Yosara/foto: TW/ed diR)

Sumber: https://www.kpu.go.id/index.php/post/read/eRqJCUOvKo8yKgtaKr_olmU9bKyZVW3Vn2LwyxuxUKW5rsMB59FxkAYRJ16O6AMleIeLpt3Irudrgyo-hUjsfw~~/NkBvubNj5QkN2aHLkQ1V9At2QiXBaE8wf0C3CNZycLL2l67FT9aBSmuzOo3v228rNqhyv18PmMLJqCYbAChNtA~~


Beri Komentar!


Pahami Undang-Undang ITE berikut!


Not readable? Change text.